Pemprov Jabar Pelajari 'Smart City' Korea Selatan

Korea - Pemerintah Provinsi Jawa Barat sedang menjajaki kerja sama dengan Korea Selatan terkait implementasi smart city dan smart digital untuk pelayanan publik.

Rombongan Pemprov Jawa Barat dipimpin oleh Sekretaris Daerah Jawa Barat pun berangkat ke Korea Selatan. Ikut serta dalam rombongan tersebut, Sekda Kabupaten Cirebon Hilmy Riva'i.

Hilmy menyebutkan bahwa kunjungan tersebut sekaligus dalam momentum capacity building dan digital leadership.

"Kunjungan ini sebagai tindak lanjut kerjasama Pemerintah Jawa Barat dengan Korsel. Kita melihat dan mengamati langsung terkait beberapa hal, dari mulai pelayanan publik berbasis digital terkait implementasi smart city," ujarnya.

Dijelaskan Hilmy, kegiatan tersebut diprakarsai oleh LOGODi South Korea di Kota Jeonju dan Seoul, dari mulai tanggal 27 Mei - 3 Juni 2023.

Ia berharap dari kunjungan tersebut nantinya bisa diterapkan beberapa item positif terkait penerapan Smart City dan Smart Digital, baik dalam hal infrastruktur, maupun dalam hal pelayanan publik.

"Tujuan utamanya adalah bagaimana membuat Jawa Barat, khususnya Cirebon, bisa bersaing dalam hal pengembangan era digitalisasi untuk mengoptimalkan pelayanan terhadap publik," imbuhnya.