Fokus ke Pilkada Banjar, Pilkades Serentak Terpaksa Ditunda

Martapura - Bupati Banjar Khalilurrahman meminta semua pihak untuk berkonsentrasi mensukseskan Pilkada Banjar 2020 yang dijadwal berlangsung 9 Desember mendatang. Mengingat skala prioritas, maka hajatan pilkades serentak terpaksa ditunda.

Kepala Dinas Informasi, Komunikasi, Statistik dan Persandian Banjar Aidil Basith di Martapura, Senin (20/7), menjelaskan bupati juga sebelumnya sempat menanyakan kondisi keuangan daerah.

"Sejauh ini kas daerah masih ada dana kontan Rp199,6 miliar, sehingga masih aman dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan dalam beberapa bulan mendatang," jelas Basith.

Basith mengatakan, bupati lantas memberi kebijakan agar semua SKPD tetap mewaspadai COVID-19 serta menjalankan program yang benar-benar penting sesuai skala prioritas saja.

"Beliau memutuskan agar semua bekerjasama agar mensukseskan pelaksanaan Pilkada Banjar 2020 yang dijadwal dilaksanakan pemungutan suaranya 9 Desember 2020," ujarnya.

Ditambahkan Basith, selain itu bupati Banjar juga meminta agar semarak HUT ke-75 Kemerdekaan RI diperingati dengan upacara sederhana, misalnya hanya pejabat teras saja yang hadir.

"Pesertanya pun terbatas pada tiga peleton saja, yakni masing-masing satu peleton baik dari TNI, Polri dan Satpol PP Banjar. Kemudian, masyarakat dan instansi diimbau sejak 1 Juli 2020 hingga 31 Agustus 2020 untuk memasang bendera serta umbul-umbul sebagai ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan yang diraih," ujarnya.