Menteri PAN-RB Resmikan MPP Dumai dan Tiga Daerah Lain di Sumatera

Dumai - Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Dumai sudah mulai beroperasi untuk melayani masyarakat Kota Dumai yang membutuhkan akses layanan dari instansi OPD maupun instansi vertikal.

Peresmian MPP Kota Dumai ini berpusat di Kabupaten Lampung Selatan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas. Selain itu, juga diresmikan MPP Kabupaten Asahan dan Kabupaten Lampung Utara, Jumat (12/5).

Wali Kota Dumai Paisal mengatakan, dirinyaenginisiasi pembangunan MPP agaf akses pelayanan kepada masyarakat bisa dilaksanakan terpadu dan efektif.

"Kehadiran MPP ini akan memudahkan masyarakat ketika mengakses layanan yang dibutuhkan. Selain itu, hadirnya MPP ini diharapkan akan memudahkan investor dalam menanamkan modal di Kota Dumai karena pelayanan telah dilaksanakan secara terpadu dan satu pintu," ujarnya.

Total ada lebih kurang 21 instansi pemerintah dan vertikal yang membuka gerai pelayanan di Mal Pelayanan Publik seperti Bapenda, PMTSP, Disdukcapil, PDAM, BAZNAS, Pos Indonesia, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan serta berbagai instansi lainnya.

Prosedur untuk mendapatkan pelayanan pun cukup mudah, masyarakat hanya perlu datang ke MPP dan mencari di platform antrian pelayanan apa yang di butuhkan. Setelah nomor antrian keluar, masyarakat cukup menunggu pengumuman nomornya dan akan langsung menuju ke gerai pelayanan yang telah disediakan.

Sementara itu, Menpan-RB Azwar Anas, dalam sambutannya menyampaikan bahwa reformasi birokrasi yang lebih baik harus dicapai oleh Pemerintah Daerah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Birokrasi yang bersih dan bertranformasi lebih baik dimulai dari aparatur negara yang kompeten dan profesional dalam menjalankan fungsi pelayanan.

"Mal Pelayanan Publik adalah inovasi akses pelayanan terhadap masyarakat yang diwujudkan dengan sistem terpadu satu pintu. Nantinya, setelah Mal Pelayanan Publik ini terbentuk di daerah. Maka selanjutnya kita akan mulai memadukan dengan inovasi yang baru yakni Mal Pelayanan Publik Digital. Semoga dengan adanya Mal Pelayanan Publik ini, masyarakat di kabupaten/kota masing masing mendapatkan akses pelayanan yang terbaik," terang Azwar Anas.

Pada kegiatan yang berpusat di Lamsel tersebut, Wali Kota Dumai bertukar plakat kenang kenangan tanda diresmikannya MPP Kota Dumai bersama Menpan-RB.

Launching pun dilaksanakan dengan hitung mundur antara Menpan-RB, Gubernur Lampung, Wali Kota Dumai, Bupati Asahan, Bupati Lampung Utara dan Bupati Lampung Selatan. Setelah meresmikan Mal Pelayanan Publik, Menpan-RB pun menandatangani prasasti yang nantinya akan di tampilkan pada MPP masing masing Kabupaten/Kota.

Di Mal Pelayanan Publik Kota Dumai, Sekdakot Indra Gunawan, beserta unsur Forkopimda dan tamu undangan yang hadir begitu antusias dan bersemangat dengan mulainya MPP beroperasi untuk melayani masyarakat. Nantinya, masyarakat Kota Dumai hanya perlu datang ke MPP untuk dapat mengakses pelayanan dan apabila ada kebutuhan maupun pertanyaan yang ingin disampaikan, maka masyarakat bisa langsung menuju layanan informasi di Mal Pelayanan Publik Kota Dumai.

Ketika di liput oleh tim wawancara dari Kominfo, Sekda Kota Dumai menyampaikan harapan kepada masyarakat Kota Dumai untuk dapat bersama sama menyukseskan program layanan terpadu di MPP ini dan menjaga segala bentuk properti maupun aset daerah agar pelayanan yang diberikan oleh MPP Kota Dumai akan selalu optimal dan maksimal.

MPP tentu saja akan memberikan kemudahan dalam mendapatkan layanan bagi masyarakat Kota Dumai, pelayanan optimal serta prima akan tercapai dengan segenap dukungan dari segala unsur terutama masyarakat Kota Dumai.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Asisten I Setdakot, seluruh unsur Forkopimda, pimpinan instansi vertikal, pimpinan perusahaan BUMN dan BUMD di Kota Dumai, Kepala OPD, unsur layanan MPP, insan pers serta hadirin lainnya.