Pastikan Keamanan Lebaran, Operasi Ketupat Musi 2023 Digelar 18 April - 1 Mei

Muara Enim - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah bersama unsur Forkopimda Kabupaten Muara Enim dan jajaran Pemerintah Kabupaten Muara Enim menggelar Rapat Lintas Sektoral Persiapan Operasi Ketupat Musi 2023, di Ruang Rapat Rupatama Polres Muara Enim, Senin (10/4).

Dalam laporanya, Kapolres Muara Enim Andi Supriadi mengatakan, Operasi Ketupat Musi tahun 2023 akan dilaksanan pada 18 April - 1 Mei 2023 sebagaimana sesuai dengan kebijakan pemerintah tahun ini bahwasanya cuti bersama dimajukan pada tanggal 19 - 25 April mendatang.

Selama Operasi Ketupat Musi 2023, terdapat 6 pos yang terdiri dari 2 Pos Pengamanan (Pospam) yang terletak di Bedegung dan Wisata Danau Suji serta 4 Pos Pelayanan (Posyan) yang dipusatkan pada Simpang Gelumbang, Simpang Meo, Desa Cinta Kasih serta Jembatan Enim II Muara Enim dengan total personil sejumlah 230 orang yang terdiri dari gabungan Polri, TNI, serta Jajaran Instansi Pemkab Muara Enim.

Sementara itu, dalam arahanya Plt Bupati Kaffah menanggapi bahwasanya rapat persiapan Operasi Ketupat Musi ini sangat relavan dan baik untuk dipedomani guna menjaga kondusifitas keamanan dan kenyamanan dalam beribadah serta mudik bagi masyarakat Bumi Serasan Sekundang jelang Lebaran.

"No one countries are imune to crime , oleh karena itu tidak hanya tindakan saja, namun juga langkah himbauan langsung maupun melalui media cetak ataupun media sosial perlu kita lakukan untuk mengedukasi masyarakat akan bahaya ancaman tindak kejahatan jelang Idul Fitri supaya tidakan pencegahan ini lebih komprehensif atau lebih mampu diterima dengan baik oleh masyarakat," tuturnya.

Kemudian, ujarnya, mengingat dari tahun ketahun begitu banyak motif-motif baru kejahatan bahkan akhir-akhir ini dengan meningkatkanya curah hujan yang tentunya juga tidak menutup kemungkinan dapat menjadi ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Untuk itu, Plt Bupati Kaffah mengimbau kepada jajaran untuk selalu lakukan riset setiap tahunya untuk mencegah dan mengantisipasi hal-hal buruk yang kemungkinan akan terjadi.

"Ini merupakan tanggung jawab kita bersama selaku stakeholder di Kabupaten Muara Enim, untuk itu mari kita bersinergi bersama wujudkan keamanan, kenyamanan dan ketertiban menjelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 2023," pungkasnya.