Kapolda Kalbar Launching Kampung Tangguh Nusantara di Kubu Raya

Kubu Raya - Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto meresmikan Kampung Tangguh Nusantara di Desa Parit Baru, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kamis (9/7). Program Kampung Tangguh Nusantara merupakan bagian langkah penanganan COVID-19 di Kubu Raya.

Acara bertajuk "Masyarakat Produktif Wujudkan Ketahanan Pangan" ini sebagai upaya menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi untuk meningkatkan sinergitas TNI-Polri sebagai penggerak dan pembantu ekonomi masyarakat di masa pandemi COVID-19

Desa Parit Baru, Kecamatan Sungai Raya, mewakili 118 desa di Kabupaten Kubu Raya yang dipilih Kapolres Kubu Raya AKPB Yani Permana untuk di-launching langusung Kapolda Kalbar Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto di Kantor Desa Parit Baru, Kamis (9/7/2020).

Kapolda Kalbar melalui Kabid Humas Kombes Pol Donny Charles Go menyatakan, Kampung Tangguh Nusantara ini merupakan program dari Mabes Polri yang diharapkan sebagai pilot project di setiap kabupaten yang ada di Indonesia.

“Secara keseluruhan di 13 kabupaten/kota di Kalbar secara bersamaan di-launching. Langkah ini untuk menindaklanjuti apa yang diperintahkan Mabes Polri. Kriteria dari sebuah Kampung Tangguh Nusantara ini meliputi kedisiplinan warga dalam menerapkan protokoler kesehatan pencegahan COVID-19, memiliki swadaya pengembangan varian komoditi ketahanan pangan, memiliki pelayanan kesehatan yang memadai dan tingkat Kamtibmas yang kondusif," ungkap Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Donny Charles Go usai launching Kampung Mandiri Tangguh 'Kepung Bakul Khatulistiwa' di Desa Parit Baru, Kecamatan Sungai Raya.

Donny menjelaskan, untuk penilaiannya, Polda Kalbar lebih memfokuskan dari segi keamanannya. Namun persoalan COVID-19 ini tentunya sangat mengganggu kehidupan masyarakat khususnya dalam pemenuhan kebutuhan. Makanya terkait dengan ketahanan pangan sesuai dengan apa yang direncanakan pihaknya untuk penaburan bibit ikan, penanaman pohon dan panen padi yang semua itu merupakan bagian dari ketahanan pangan yang diharapkan menjadi bagian dari kampung tangguh nusantara kedepannya.

“Desa yang terpilih menjadi Kampung Tangguh Nusantara ini diharapkan bisa menjadi pilot project (kampung percontohan) bagi kampung-kampung lainnya. Mudah-mudahan dengan cara ini, Kampung Tangguh Nusantara ini bisa menjadi satu diantara cara untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di suatu wilayah," ucapnya.

Di tempat yang sama, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengapresiasi siniersitas Polri dan TNI dalam mensukseskan program ini sehingga terpilihnya Desa Parit Baru sebagai Kampung Mandiri Tangguh, namun yang paling terpenting semangat masyarakatnya harus tetap terjaga dengan baik. Sehingga kampung-kampung yang lainnya juga bisa menjadikan predikat Kampung Mandiri Tangguh ini sebagai pilot project supaya kedepannya di Kubu Raya bisa membuat ketangguhan-ketangguhan di semua desa.

“Sehingga dengan adanya Desa Mandiri Tangguh dengan tagline dan semboyan ‘Kepung Bakul Khatulistiwa’ ini, tentu merupakan satu langkah untuk membuat masyarakat selalu produktif dan semuanya bisa hidup tenang serta bahagia, meski di masa pandemi Covid-19 saat ini. Mandiri Desa, Mandiri Indonesia. Tangguh Desa-desa, Tangguhlah Indonesia," tegasnya.

Pada waktu bersamaan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis juga  meresmikan secara langsung Program Kampung Tangguh Nusantara 2020, dalam rangka mendukung program pemerintah untuk ketahanan pangan, di objek wisata Aquaculture Mangrove, Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.