Wali Kota Pariaman Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2022

Pariaman - Pemerintah Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat, menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan ke-77 tahun 2022, di halaman Balai Kota Pariaman, Kamis (10/11).

Wali Kota Pariaman Genius Umar yang bertindak sebagai pembina upacara menyampaikan amanat Menteri Sosial Tri Rismaharini, dalam peringatan Hari Pahlawan yang mengambil tema "Pahlawanku Teladanku".

Dalam amanatnya, Mensos Tri Rismaharini meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menjadikan pahlawan sebagai teladan dalam mengarungi masa-masa yang penuh tantangan seperti saat ini.

"Jadikan momentum peringatan Hari Pahlawan tahun ini untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Isilah kemerdekaan dengan menjadi pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar. Jadikan semangat dan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama," ujarnya.

Disamping itu, Genius juga berpesan agar momentum Hari Pahlawan tahun ini dapat menumbuhkan kesadaran bahwa kemerdekaan yang diraih saat ini adalah berkat jasa para pahlawan bangsa yang berkorban jiwa dan raga, hingga menjadi bangsa yang besar seperti saat ini.

"Untuk itu jangan sampai kita melupakan jasa mereka," ujarnya.

"Kepada seluruh peserta upacara yang hadir saya juga menyampaikan tentang putra Pariaman Bagindo Dahlan Abdullah yang telah tiga tahun lebih diajukan untuk menjadi Pahlawan Nasional sampai saat ini belum juga dikabulkan oleh Pemerintah RI," sambungnya.

Genius mengatakan, Bagindo Dahlan Abdullah adalah pejuang Pariaman yang telah gigih memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah.

"Orang pertama yang mengucapkan "kata Indonesia" dan "orang Indonesia" dalam konteks wacana politik di Negeri Belanda (Elson2008)," ujarnya.

"Itulah pertama kalinya orang Indonesia di seluruh dunia, yang mengucapkan kata itu dalam sebuah ceramah publik yang bernuasa politis dalam acara Indisch Studiecongres dalam rangka lustrum perkumpulan mahasiswa Indologi di Leiden pada 23 November 1917, sehingga kata-kata tersebut menjadi inspirasi dalam pengucapan sumpah pemuda," lanjut Genius.

"Mudah-mudahan tahun depan, Pemerintah bisa mengakui Bagindo Dahlan Abdullah sebagai pahlawan dan menobatkan beliau menjadi Pahlawan Nasional kebanggaan orang Pariaman," tutupnya.

Upacara yang dilaksanakan tersebut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin, Sekretaris Daerah Kota Pariaman Yota Balad, Ketua DPRD Kota Pariaman Fitri Nora, Forkopimda, Ketua TP PKK Kota Pariaman Ny.Lucyanel Genius, Ketua GOW Kota Pariaman Ny.Indriati Mardison, Ketua DWP Kota Pariaman Ny.Yosnelli Balad, Kepala OPD, Camat, Bundo Kanduang, dan tokoh pemuda.