Bupati Cirebon Hadiri Peresmian Boarding School MTs NU Al Hidayah

Cirebon - Bupati Cirebon Imron didampingi Kepala Dinas Pendidikan Asdullah dan Camat Susukanlebak Juri Ashari, meresmikan Boarding School MTs NU Al Hidayah di Kecamatan Susukanlebak, Kamis (9/7).

Ketua Tarfidziyah PCNU Kabupaten Cirebon Aziz Hakim Syaerozi, dalam sambutannya mengatakan, di sekolah tersebut setiap siswa tidak hanya dibekali dengan pendidikan formal, namun juga informal seperti kemampuan di bidang teknik dan tahfidz Quran serta pemahaman kitab kuning.

"Di sini anak akan dipondokkan dan kita siapkan asrama, mareka akan dibina bukan saja pada pendidikan sekolah, tetapi ada kegiatan-kegiatan informal lainnya salah satu yang akan kita unggulkan adalah bagaimana agar siswa-siswi ini memiliki life skill, kemampuan-kemampuan teknik di bidang lain, serta bagaimana mereka mampu memahami, mempelajari kitab-kitab kuning serta menghafal Al Quran," katanya.

Dirinya juga berharap dukungan mulai dari pemerintah desa, kecamatan hingga pemerintah kabupaten terhadap program-program yang akan diterapkan di sekolah tersebut.

Sementara itu, Bupati Cirebon Imron mengatakan, pihaknya akan melakukan kerjasama dengan salah satu stakeholder telekomunikasi terkait pembangunan internet di 412 desa dan 12 kelurahan.

Dirinya berharap dengan kerjasama tersebut semua desa yang ada di Kabupaten Cirebon dapat menikmati akses internet, termasuk desa-desa yang ada di Kecamatan Susukanlebak.

"Pekab kemarin, saya dengan Asisten 1 akan bekerjasama dengan PT Telkom bahwa nanti ada 412 desa 12 kelurahan akan bisa diakses internet," kata Bupati Imron.

Dengan kerja sama tersebut, Imron berharap akan berpengaruh juga terhadap kualitas pendidikan yang ada di Kabupaten Cirebon khususnya Kecamatan Susukanlebak. Hal ini bertujuan tidak hanya meningkatkan kualitas peserta didik yang ada di desa namun juga secara kuantitas bisa lebih maju serta tidak ada lagi masyarakat yang putus sekolah.

"Berharap bahwa pendidikan di Kabupaten Cirebon baik kualitas maupun kuantitas bisa lebih meningkat dan maju lagi, serta tidak ada lagi masyarakat yang tidak sekolah karena ada wajib belajar 9 tahun," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Imron juga menyempatkan mengikuti acara pelepasan Kelas IX MTs NU Al- Hidayah Tahun Ajaran 2019/2020.