Pemdes Langut Indramayu Salurkan BLT DD Tahap II

Indramayu – Sebanyak 192 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Langut, Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat, menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap II di halaman Kantor Desa Langut, Rabu (8/7).

Kepala Desa Langut Juju Juberudin menjelaskan, besaran BLT DD tahap II sebesar Rp600 ribu dengan sasaran KPM meliputi, prioritas masyarakat lanjut usia (lansia), sakit akut dan terdampak COVID-19.

Dikatakannya, sebelum penyaluran BLT DD tahap I dan II hingga nanti pada tahap III, Pemdes Langut telah melakukan proses sinkronisasi data agar masyarakat terhindar dari penggandaan penerimaan bantuan baik dari pemerintah daerah/provinsi dan pusat melalui aplikasi khusus.

“Kami memakai aplikasi yang akan muncul jika masyarakat sudah mendapatkan bantuan. Contoh jika kami memasukan nama calon penerima BLT DD maka apabila penerima tersebut sudah menerima bantuan lain maka keterangannya akan muncul di aplikasi,” katanya di Desa Langut.

Ia meyakini, dengan disegerakannya Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di wilayah Kabupaten Indramayu aktivitas perekonomian masyarakat akan kembali lancar. Namun dengan syarat masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Sementara itu, Camat Lohbener Udin Casudin berharap masyarakat yang telah mendapatkan BLT DD tahap II untuk memanfaatkannya sebaik mungkin yang kaitannya dengan kebutuhan pokok.