Bupati Sanggau Resmikan Kampung Tangguh Nusantara di Desa Suka Mulya

Sanggau - Bupati Sanggau Paolus Hadi meresmikan program Kampung Mandiri Tangguh Nusantara Gemilang di Desa Suka Mulya, Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Rabu (1/7).

“Mulai dari pelayanan kesehatan untuk memperkuat pencegahan COVID-19 dan tentu juga produk-produk masyarakat berupa UMKM dan BUMDes. Nah, ini menjadi sebuah kekuatan ekonomi di daearah ini. Kedepan sudah didorong juga karena di sini daerah pertaniannya sudah berjalan baik, ini diperkuat termasuk infrastruktur lainnya,” kata Paolus Hadi.

Menjadi desa yang tangguh, ujar Paolus, tentu menjadi harapan bersama yang mencerminkan kesiapan dalam menghadapi dampak pandemi COVID-19 ini.

“Yang kita khawatirkan apabila COVID-19 ini tidak terkendali ada masalah ekonomi di dalamnya. Namun, kami percaya karena telah melihat data dasarnya yang sudah dilakukan Kapolres bersama jajaran sudah bagus sekali. Tinggal diperkuat, dipertahankan dan didukung oleh pemerintah maupun pihak lainnya,” katanya.

Paolus menambahkan, ada juga dari pihak lain yang sudah mendukung untuk program pertanian, sehingga menarik karena disituasi pandemi ini mempunyai contoh desa yang diharapkan kuat.

“Artinya sumber daya manusianya juga harus mumpuni. Nah, ini harus didorong oleh pak Kades selaku pimpinan didesa ini. Dan disupport oleh kita mulai dari Camat, Kapolsek, Danramil serta seluruh jajaran,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Sanggau AKBP Raymond Marcelino Masengi menyampaikan bahwa Kampung Tangguh Nusantara ini program dari Kapolri Jenderal Pol Idham Azis yang di-launching bertepatan dengan HUT Bhayangkara ke-74.

“Kampung tangguh ini diharapkan dibentuk di masing-masing Polres untuk sebagai contoh di daerah masing-masing bagi masyarakat yang siap menghadapi COVID-19,” ujar Raymond.

Dikatakan Raymond, Desa Suka Mulya dipilih karena memenuhi kriteria, terutama adalah fasilitas yang ada dan sudah terbentuk di antara masyarakat, serta sudah berjalan.

“Harapannya kalau ini sudah berjalan menjadi contoh bagi seluruh masyarakat Sanggau sehingga bisa tangguh menghadapi situasi apapun,” ujarnya.