Jalur Khusus Bukti Keberpihakan Pemkot Kediri untuk Pesepeda

Kediri - Meningkatnya animo warga untuk bersepeda terjadi di sejumlah daerah di Indonesia, termasuk di Kota Kediri, Jawa Timur. Pemkot Kediri sendiri sudah memiliki perhatian kepada para pesepeda dengan membangun jalur khusus di beberapa ruas jalan sejak 2016.

“Tahun 2016 dimulai ide jalur sepeda. Hanya di Jalan Veteran sebelah barat,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Kediri M. Ferry Jatmiko, Selasa (30/6).

Hal ini sangat dirasakan betul manfaatnya oleh para komunitas sepeda. Mereka sangat mengapresiasi adanya jalur sepeda tersebut. Sebelum COVID-19, komunitas sepeda di Kota Kediri rutin menggelar Kediri Nite Ride (KNR) yang diikuti ratusan pesepeda, termasuk Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar.

Menurut Ferry, pada akhir 2016, Dishub Kota Kediri membuat proposal ke Kementerian Perhubungan untuk mewujudkan jalur sepeda yang lebih panjang. Tahun 2017 usulan tersebut mendapat dukungan dari Kementerian Perhubungan melalui kegiatan RASS (Rute Aman Selamat Sekolah) dengan di dalamnya ada jalur sepeda.

RASS merupakan bagian dari kegiatan manajemen dan rekayasa lalu lintas berupa penyediaan sarana angkutan umum dengan pengendalian lalu lintas dan penggunaan jaringan jalan serta sarana dan prasarana angkutan dari lokasi pemukiman menuju sekolah.