Diskop UMTK Kediri Bantu UMKM Bertahan di Tengah Pandemi

Kediri - Pandemi virus corona (COVID-19) memberikan dampak bagi kegiatan perekonomian global, tak terkecuali di Kota Kediri, Jawa Timur. Selain pertumbuhan ekonomi dan penerimaan daerah lesu, dampak COVID-19 pun dirasakan oleh pelaku usaha kecil menengah (UKM).

Terkait hal itu, Pemkot Kediri melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja - UMTK memberikan berbagai bantuan dan seminar online untuk mendongkrak pemasaran UKM di wilayah setempat.

Seperti yang dilakukan pada Senin (29/6), sejumlah pelaku usaha dikumpulkan di klinik UMKM untuk melakukan sesi pemotretan produk mereka. Sesi pemotretan ini dilakukan selama 4 hari, dan dalam satu hari ada lima pelaku usaha yang jamnya sudah dibagi sesuai urutan.

Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMTK Kota Kediri Bagus Alit mengatakan, Diskop memberikan bantuan berupa foto produk ini bertujuan untuk membuat produk mereka jual lebih menarik dan memiliki nilai jual.

“Tidak semua Pelaku Usaha memiliki kemampuan untuk membuat foto produk mereka lebih menarik, karena itu kami memberikan bantuan kepada mereka dalam hal foto katalog. Nah foto ini nantinya bisa mereka share melalui sosial media mereka,” ujar Bagus.

Lebih lanjut, Bagus mengatakan, selain bantuan foto produk, Diskop UMTK juga sering menggelar seminar online. Beberapa seminar yang telah di jalankan yakni Bertahan menghadapi covid, Seminar dengan metode CST - Creative Social and Teamwork, media dan kerjasama. Kemudian, Seminar Gerakan memasarkan antar pelaku usaha.

“Selain hal tersebut, Dinkop UMTK juga melayani bantuan kepada pelaku usaha dalam Pembuatan Nomor Ijin Berusaha - NIB secara online, pembuatan logo dan merek, pembuatan akun google bussines, serta menerima konsultasi usaha secara online, dan pendaftaran merk secara online,” terangnya.

Bagus berharap dengan upaya-upaya tersebut, bisa membuat UKM di Kota Kediri tetap bisa melebarkan sayapnya dan bersaing di tengah pandemi COVID-19.