Warung PKK Kabupaten Pasuruan Jadi Solusi Berbelanja Saat Pandemi

Pasuruan - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, punya cara unik untuk membantu para ibu rumah tangga yang masih was-was belanja keluar rumah di tengah pandemi COVID-19, yakni dengan membangun Warung PKK.

Berbeda dari kebanyakan, Warung PKK bukan dibangun di suatu tempat yang bisa dikunjungi orang, tapi berwujud aplikasi daring (online).

Ketua TP PKK Kabupaten Pasuruan Lulis Irsyad Yusuf mengatakan, warung ini dinamakan "Warung PKK Kabupaten Pasuruan” , sebuah aplikasi berbasis website yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat yang ingin membeli kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) via online.

Dalam pengaplikasiannya, terang Lulis, admin Warung PKK Kabupaten Pasuruan akan memberikan username dan password kepada admin di setiap kecamatan. Begitu juga seterusnya, admin kecamatan akan membuatkan user name dan password untuk UKM/toko/warung di masing-masing wilayahnya.

“Warung PKK ini bukan berwujud bangunan atau bedak/lapak pada umumnya. Tapi sebuah aplikasi berbasis website yang tujuannya adalah memfasilitasi antara produsen dan konsumen dalam bertransaksi kebutuhan sembako tanpa harus bertatap muka,” kata Lulis di sela-sela melakukan gladi bersih launching Warung PKK Kabupaten Pasuruan, Jumat (26/6).

Dijelaskannya, setiap UKM/toko/warung dapat mengisi detail produk yang ditawarkan kepada calon pembeli, mulai dari gambar, harga dan deskripsi dari sembako serta data penjual (nama, alamat dan nomor kontak yang bisa dihubungi). Mengenai berapa harga yang disepakati, hal tersebut menjadi kewenangan penjual dan pembeli.