Wabup Natuna Harap TBM Lahirkan Manusia Unggul di Dunia Kerja

Natuna - Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda meresmikan Sekretariat Forum Taman Baca Masyarakat Kabupaten Natuna, di Ruang Aula Sanggar Kegiatan Belajar Natuna, Padang Kurak, Senin (16/5).

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda menyampaikan pendidikan non formal yaitu pendidikan yang mengajarkan intelektual manusia agar mereka bisa bersaing di dunia kerja.

"Pendidikan Non Formal itu muncul ketika industri membutuhkan tenaga-tenaga yang murah, dan tingkat produksi yang murah, pendidikan non formal adalah pendidikan yang dilakukan untuk mendidik anaknya lebih baik dari pada orangtuanya, tetapi tidak meninggalkan usahanya, namun mereka lebih meningkatkan lagi kualitasnya. Jadi pendidikan non formal yaitu pendidikan yang mengajarkan intelektual manusia agar mereka bisa bersaing di dunia kerja," ucapnya.

Di akhir sambutannya, Wakil Bupati Natuna berharap melalui SKB Natuna dan Sekretariat Forum Taman Baca Masyarakat Kabupaten Natuna dapat melahirkan manusia yang mampu bersaing di dunia kerja.

"Kami harap dengan diresmikannya Sekretariat Forum Taman Baca Masyarakat Kabupaten Natuna dan SKB Natuna bisa melahirkan orang-orang yang bisa bersaing di dalam kemajuan dan perkembangan zaman," tutup wabup.

Selanjutnya pada kesempatan yang sama, Kepala SKB Natuna Rika Mulyani menyampaikan keberadaan SKB ini diperuntukkan bagi masyarakat yang sudah putus sekolah untuk mendapatkan ilmu-ilmu dan keterampilan.

"SKB Natuna diperuntukan untuk masyarakat, misalnya ada yang putus sekolah, disini lah SKB Natuna ini membantu masyarakat untuk mendapatkan ilmu seperti dalam keahlian menjahit dan keterampilan wirausaha, selian program yang saya sebutkan ada juga program paket untuk masyarakat yang sudah putus sekolah tadi," ucapnya.

Selain itu, Ketua PD Forum Taman Baca Masyarakat Kabupaten Natuna Harken juga menyampaikan bahwa TBM tidak hanya dikenal dan berfokus pada baca tulis, TBM Natuna telah banyak melahirkan berbagai inovasi program kegiatan.

"Perlu diketahui TBM yang kita kenal pasti baca tulis, tapi kami disini banyak sudah melaksanakan kegiatan lain dalam TBM, salah satunya TBM Pelestarian Satwa Kekah Mekar Jaya, TBM Kompas Benua di mana meet berfokus dalam mencari kebudayaan² dan melestarikan budaya Melayu di Natuna, ini menandakan bahwa TBM tidak hanya befokus pada membaca dan menulis, tetapi sudah banyak inovasi program yang di lakukan oleh TBM di Kabupaten Natuna," jelasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Natuna, Ketua DPRD Kabupaten Natuna, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Natuna, Ketua PD Forum TBM Kabupaten Natuna, Kepala Sanggar Kegiatan Belajar Natuna, Babinkamtibmas Bunguran Timur, Para Guru Sanggar Kegiatan Belajar Natuna, berserta tamu undangan lainnya.