Pemkab Banjar Gandeng Jurnalis Optimalkan Edukasi COVID-19

Martapura - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Banjar menggelar video conference bersama sejumlah jurnalis di Command Center Barokah-Mahligai Sultan Adam Martapura, Kamis (25/6).

Kegiatan tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar M Hilman, Kepala Dinas Kesehatan Diauddin, Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar M Aidil Basith, serta Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Eddy Elminsyah Jaya.

Sekda Banjar M Hilman mengatakan, bantuan jaring pengamanan sosial tahap berikutnya akan segera dilaksanakan, kepada Dinas Sosial dan kecamatan agar melakukan pembaharuan dan perbaikan data warganya, serta mempersiapkan teknis pembagiannya agar menyesuaikan dengan protokol kesehatan.

“Saya berharap agar pembagian nanti benar-benar tepat sasaran dan teknis pembagiannya harus betul- betul diperhatikan agar mengikuti protap penanggulangan penularan COVID-19.” katanya.

Selain itu, Hilman meminta kepada rekan jurnalis agar menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak mengucilkan apalagi sampai mengintimidasi mereka yang menjalankan karantina mandiri ataupun pasien yang sudah sembuh.

Di tempat yang sama, Kepala Dinkes Banjar Diauddin mengatakan, terjadi peningkatan jumlah pasien sembuh sebanyak 53 orang, dan dari hasil swab test yang dikirim Balai Besar Teknik Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) total yang terkonfirmasi positif sebanyak 258 orang dan untuk yang meninggal dunia tercatat hingga Kamis (25/6) ada 16 orang.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Banjar M Aidil Basith menyampaikan bahwa Diskominfo sudah membentuk Tim Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) yang bertugas memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat secara langsung dalam upaya memerangi COVID-19.

"Dengan adanya Tim KIE ini diharapkan dapat memberikan pemahaman secara masif kepada masyarakat tentang COVID-19, menangkal berita hoaks dan informasi yang menyesatkan. Tidak bosan-bosannya Diskominfo akan terus memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat dan berinovasi sampai pandemi COVID-19 ini berlalu, tentunya dengan dukungan dari rekan-rekan jurnalis sebagai mitra," jelasnya.