Ini Yang Wajib Dimiliki Pasien COVID-19 Supaya Cepat Pulih

Sentani-Direktur  Rumah Sakit Umum Daerah Yowari, Petronela Risamasu mengatakan sampai saat ini belum ada obat khusus yang digunakan pihak dalam menangani pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit tersebut.

"Kenapa mereka bisa sembuh,  pertama dari kondisi badan.  Mereka harus tetap semangat dan mereka harus melakukan  sesuai prosedur yang sudah dianjurkan. Jadi jangan stres," katanya di Sentani, Rabu (24/6).

Lanjut dia, hingga saat ini  ada 38 pasien COVID-19 yang pernah dirawat di rumah sakit itu dan sudah dinyatakan sembuh total.

Adapun agar bisa cepat sehat,  para pasien tetap diberikan motivasi dan harus optimis dalam melawan pandemi COVID-19.

"Kami juga terus memperhatikan kondisi pasien dengan menganjurkan untuk memakan makanan bergizi  guna menambah daya tahan tubuh," ujarnya.

Selain itu mengkonsumsi vitamin dan obat obat yang diberikan  yang sudah di rekomendasikan dalam penanganan pasien COVID-19.

"Kemudian jangan lupa berdoa, olahraga, berolahraga ini bagi mereka yang menjalankan isolasi di ruangan tetap diberikan kesempatan berolahraga di dalam ruangan tersebut. Jadi semua hal bisa dilakukan di dalam ruangan sebenarnya," paparnya.

Menurut Petronela, sejauh ini belum ada obat khusus yang diberikan oleh tim medis dalam penanganan pasien COVID-19.  Tetapi yang paling penting kepada setiap pasien ini harus  mempunyai motivasi untuk sembuh.

"Hanya motivasi untuk sembuh yang kita berikan kepada mereka dan itu yang selalu kami sampaikan," tegasnya.