Pemkab Ciamis Raih WTP Ketujuh Kalinya

Ciamis - Pemerintah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, untuk ketujuh kalinya meraih Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019 dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Laporan hasil pemeriksaan tersebut diberikan lewat video conference oleh Kepala BPK RI Perwakilan Jawa Barat Arman Syifa kepada Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan Ketua DPRD Ciamis Nanang Permana, Kamis (25/6).

Kepala BPK RI Perwakilan Jawa Barat Arman Syifa mengatakan, dalam pengambilan keputusan opini ini, jajarannya telah melakukan serangkaian tahapan pemeriksaan dan telah menerima LKPD pemerintah kabupaten dan kota se-Jawa Barat.

"Opini dari LHP terhadap LKPD diberikan berdasarkan beberapa kriteria, diantaranya kesesuaian laporan keuangan dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan informasi laporan keuangan, efektivitas sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangane. Pemberian opini ini disampaikan tentu bukan sekadar pemberian, tapi opini yang diperoleh adalah murni dari hasil kerja keras seluruh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD)," tuturnya

Beberapa catatan yang diberikan, kata Arman, tentu perlu menjadi perhatian untuk lebih baik lagi ke depannya dan bila menemukan permasalahan agar dapat langsung menindak lanjutinya.

“Kami menyampaikan selamat, terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas capaian yang telah dilakukan pemerintah daerah dengan diraihnya opini laporan hasil pemeriksaan ini,” katanya.

Sementara itu, Bupati Ciamis Herdiat mengaku bersyukur atas kembali diterima opini Wajar Tanpa pengecualian (WTP) dari laporan hasil pemeriksaan terhadap LKPD Kabupaten Ciamis yang telah dilakukan BPK RI Perwakilan Jawa Barat.

Capaian tersebut, ditegaskannya merupakan hasil kerja seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah melaksanakan kinerja dengan baik di setiap OPD sesuai dengan apa yang telah ditetapkan.

“Sebagai bupati saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran karena pada tahun ini kita kembali menerima opini wajar tanpa pengecualian,” ucapnya.

"Terima kasih kepada kepala BPK RI perwakilan Jawa Barat yang telah melaksanakan audit untuk Kabupaten Ciamis dan dengan hasil opini (WTP) ini tentu akan menjadikan motifasi tersendiri bagi kami agar kedepan menjadi lebih baik dan tentunya mengikuti prosedur mekanisme dan ketentuan peraturan yang berlaku," ujarnya.