BNNK Ciamis Bentuk Desa "Bersinar" di Golat

Panumbangan -  Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menggelar Rapat Koordinasi terkait pembentukan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) di Desa Golat, Kecamatan Panumbangan, Selasa (23/6).

Sebanyak 15 orang peserta hadir dalam kegiatan tersebut yang merupakan perwakilan dari perangkat desa, para kepala dusun lingkup Desa Golat, BPD Desa, tokoh masyarakat, Polsek dan Koramil setempat.

Kepala BNN Kabupaten Ciamis Engkos Kosidin mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempersempit ruang gerak sindikat dan bandar narkotika yang akan masuk ke wilayah Desa Golat, serta demi mensinergikan potensi dan kekuatan bersama dari semua lapisan menjadi satu untuk bertekad menumbuhkan daya tangkal dan imunitas masyarakat Desa Golat terhadap narkoba.

"Desa Golat terpilih karena merupakan daerah segitiga emas, daerah strategis yang rentan dijadikan transit narkotika oleh para sindikat. Oleh karena itu, masyarakat harus memiliki daya tangkal terhadap narkoba," terang Engkos.

Langkah kongkret kedepannya, jelas Engkos, yaitu membentuk Satgas Desa Bersih Narkoba, dimana nantinya jika telah terbentuk akan diberikan pelatihan, edukasi, keterampilan terkait cara penanggulangan masalah narkoba sehingga manakala ada masalah narkoba di daerah desa ini, kita sudah memiliki jejaring yang kuat untuk menanganinya.

Sementara itu, Camat Panumbangan Yayat mengatakan, dirinya menyambut baik pembentukan Desa Bersinar di Desa Golat, ini sesuai dengan program dari BNN Kabupaten Ciamis dan BNN Provinsi Jawa Barat.

"Atas nama pemerintah Kecamatan Panumbangan menyambut baik dari pilot project ini yang nantinya Desa Golat akan dijadikan Desa Bersinar (Bersih Narkoba)," ucap Yayat.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Desa Golat Dadang Rusliana, dirinya mengapresiasi kegiatan ini dan berharap mudah-mudahan kedepannya Desa Golat tidak terjadi sesuatu terkait masalah narkoba dan selanjutnya akan menunggu arahan dan akan senantiasa berkoordinasi dengan BNN Kabupaten Ciamis untuk mewujudkan Desa Golat Bersih Narkoba.