Pemkab Banjar dan Kemendagri Rakor Pemantapan Persiapan Pilkada 2020

Martapura - Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Banjar Masruri didampingi Kepala Badan Kesbangpol Aslam mengikuti rapat koordinasi (Rakor) dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membahas pemantapan pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak 2020 melalui video conference di Command Center Barokah, Martapura, Rabu (24/6).

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Banjar Masruri mengatakan, rakor dengan Kemendagri ini membahas dukungan pemerintah daerah untuk Pilkada 2020 di daerah masing-masing, terutama mengenai persiapan teknis yang tertunda akibat pandemi COVID-19.

"Sejak 15 Juni ini sudah dimulai tahapan-tahapan yang tertunda ini. Pertama, berkenaan dengan pelantikan dan masa kerja panitia pemungutan suara (PPS), kemudian verifikasi syarat dukungan pasangan calon perseorangan, pembentukan dan masa kerja petugas pemutakhiran data pemilih, pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih. Ini yang harus segera disiapkan," ujarnya.

Masruri menambahkan, KPU meminta pelaksanaan pilkada yang rencananya digelar pada 9 Desember 2020 tetap menerapkan protokol kesehatan, oleh karena itu pentingnya pengadaan alat pelindung diri (APD).