Bupati Kubu Raya Ambil Sumpah PNS Formasi 2018

Kubu Raya - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengambil sumpah Pegawai Negeri Sipil (PNS) formasi tahun 2018 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Senin (22/6)

Dalam amanatnya, Bupati Muda Mahendrawan mengingatkan para PNS di Kabupaten Kubu Raya untuk terus profesional dan fokus terhadap tanggung jawabnya. Meskipun tidak semua berasal dari Kubu Raya, PNS Kubu Raya diminta untuk tahu tentang Kubu Raya.

"Jangan sampai tidak paham Kubu Raya, karena itu akan menunjukkan kita PNS yang sekadar-sekadar. Jangan jadi PNS yang sekadar-sekadar, tapi jadilah PNS sejati," ujarnya Muda.

Pengambilan sumpah di Ruang Praja Utama Kantor Bupati Kubu Raya diikuti formasi CPNS tahun 2018 yang berjumlah 148 orang yang telah mengikuti latihan dasar dalam empat angkatan. Dari jumlah tersebut terdapat satu orang PNS formasi guru yang meninggal dunia dan satu orang tenaga dokter gigi yang mengundurkan diri.

Muda meminta PNS untuk fokus pada pekerjaan, menikmati rangkaian proses pekerjaan, alih-alih banyak mengeluh. Menurutnya, PNS harus menjadi pihak yang menampung keluhan masyarakat., bukan malah sebaliknya mengeluh kepada masyarakat.

"Kencangkan pikiran kita, fokus kepada apa yang dikerjakan, nikmati betul prosesnya, jangan sampai terlalu banyak mengeluh. Sedikit-sedikit curhat. Tidak layak kalau PNS itu curhat sama rakyat. Rakyat yang seharusnya curhat sama PNS, kecuali kalau hanya ingin diskusi, silakan yang produktif," tuturnya.

Ia mengingatkan jabatan adalah akibat dan bukan tujuan, karena itu setiap PNS harus fokus pada proses kerja, melakukan secara maksimal dengan semua potensi terbaik yang ada, sebab penilaian yang lebih penting adalah dari masyarakat, bukan sekadar dari atasan.

"Penilaian publik jauh lebih penting, karena apa? Karena nanti dengan sendirinya orang akan melihat kinerja dan perilaku kita. Apalagi di era sekarang ini yang segala sesuatunya mudah terkonfirmasi. Jabatan itu akan datang sendiri dan dijalani sendiri," ucapnya.

Muda mengatakan, PNS harus punya ambisi untuk menjadi penyemangat khususnya dalam konteks tugas pokok dan fungsi seorang PNS sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Di mana PNS menjalankan kepercayaan dari negara.

"Yang tidak boleh itu ambisius. Siapapun manusia harus ambisi. Karena apa? Karena itulah semangat kita. Ambisi untuk menjalankan apa yang dipercaya negara kepada kita karena menjadi PNS itu bentuk kepercayaan negara. Nah, jaga kepercayaan itu dan nanti jabatan dengan sendirinya akan menghampiri,” pesannya.

Muda menegaskan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya hadir untuk memperbaiki kualitas kehidupan masyarakat, karena itu yang diurus oleh pemerintah daerah adalah seluruh rumah tangga yang ada, yakni mengurus dengan cara memberikan peluang-peluang kepada rakyat dengan tujuan akhir memberikan kebahagiaan.

"Itulah kira-kira gambaran sederhana supaya tidak rumit memahami tujuan kehadiran seorang PNS bahwa mereka hadir untuk memperkuat kehidupan rakyat, menjadikannya lebih baik di sektor apapun terutama di sektor-sektor yang mendasar," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kubu Raya M Noh Syaiman mengatakan, sebanyak 146 PNS yang diambil sumpah terdiri atas 89 orang formasi guru, 33 orang formasi kesehatan, dan 24 orang formasi teknis.

"Dari jumlah tersebut terdapat satu orang PNS formasi guru yang meninggal dunia dan satu orang tenaga dokter gigi yang mengundurkan diri," terangnya.