Antisipasi Lonjakan Omicron, Wabup Ngawi Tinjau Sarpras Isoter

Ngawi - Wakil Bupati Ngawi, Dwi Rianto Jatmiko bersama Kapolres Ngawi I Wayan Winaya, Dandim 08/05 Ngawi Adi Wirawan dan Kepala Dinas Kesehatan Ngawi Yudono meninjau Puskesmas Geneng sebagai tempat Isolasi Terpadu (Isoter) untuk mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 varian Omicron, Rabu (9/2).

Diungkapkan wabup Ngawi, tinjauan kali ini untuk memastikan kesiapan sarana prasarana sebagai isoter sebagai langkah antisipasi lonjakan kasus COVID-19 varian Omicron.

"Memang harus kita persiapkan mulai dari sarana dan prasarana dan lain sebagainya agar bisa digunakan untuk isoter, terutama untuk pasien terkonfirmasi aktif dengam gejala ringan," jelasnya.

Selain itu, Dwi Rianto Jatmiko menyebutkan selain di Puskesmas Geneng ini, isoter juga akan disiapkan di wilayah barat, diantaranya puskesmas dan rumah sakit.

"Dengan begitu, masyarakat akan lebih dekat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan terutama COVID-19," lanjutnya.

Untuk pasien terkonfirmasi aktif COVID-19 yang isolasi mandiri, menurut wabup Ngawi, akan dilakukan seleksi ketat sebagai pertimbangan memaksimalkan isoter.

"Kalau isoter masih memungkinkan kapasitasnya, maka akan dimaksimalkan termasuk sejumlah tempat yang disiapkan untuk pelayanan kesehatan masyarakat, sehingga tidak jauh ketika isolasi," ujarnya.

Terkait perkembangan kasus COVID-19 di Kabupaten Ngawi, dikatakan wabup, masih relatif rendah, tetapi harus diantisipasi,

"Apapum itu, kita harus mengantisipasi karena perkembangan COVID-19 varian Omicron luar biasa cepatnya," tuturnya.

Pemerintah Kabupaten Ngawi bersama Polri - TNI akan terus lakukan upaya pencegahan perkembangan Covid-19 saat ini, dengan perketat protokol kesehatan dan vaksinasi.

"Masyarakat bisa lebih berhati - hati agar kita dapat segera melampaui perkembangan varian Omicron ini," pungkasnya.