KONI Kabupaten Jayapura Butuh Anggaran Rp5 Miliar untuk PORKAB II

Sentani - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Jayapura membutuhkan dana Rp miliar untuk menyukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) II Kabupaten Jayapura 2022.

Hal ini menyeruak saat pelaksanaan Rapat Persiapan Penyelenggaraan PORKAB II Kabupaten Jayapura tahun 2022 yang berlangsung di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (25/1).

Ketua Harian KONI Kabupaten Jayapura Korneles Yanuaring menjelaskan, saat ini sudah tersedia dana hibah dari Pemerintah Daerah kepada KONI sebesar Rp5 miliar, tetapi setelah dikalkulasikan dengan semua kebutuhan Porkab II Kabupaten Jayapura Tahun 2022, maka sebenarnya jumlah tersebut masih kurang.

Lebih lanjut Korneles menjelaskan, dana hibah Rp5 miliar tersebut dibagi, Rp3 miliar itu merupakan dana rutin KONI Kabupaten Jayapura. Yang mana, dana Rp3 miliar itu dipakai untuk operasional, honorarium dan bantuan bagi cabor-cabor di Kabupaten Jayapura selama setahun.

Artinya, jelas dia, jika Rp3 miliar dipakai sebagai dana rutin KONI. Maka yang tersisa adalah sebesar Rp2 miliar. Rp2 miliar tersebut yang kemudian akan dipakai membiayai pelaksanaan Porkab II. Namun sekali lagi bahwa dana Rp2 miliar itu tidak cukup untuk membiayai keseluruhan kebutuhan pelaksanaan PORKAB II Kabupaten Jayapura tahun 2022.

“Contohnya begini, kalau satu Panitia Pelaksana (Panpel) dari cabor diselenggarakan pertandingan habiskan uang Rp200 juta, kalau itu 16 cabor dikali itukan dapat Rp3,2 miliar. Belum lagi kontingen dari distrik, jika satu distrik Rp100 juta dikali 19 distrik, maka dapat Rp1,9 miliar. Jadi kalau dijumlahkan, maka idealnya Porkab II butuh dana di atas Rp5 miliar,” sebut mantan Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Jayapura tersebut.

Menurut Korneles, perihal mengenai kebutuhan pembiayaan PORKAB II yang disebutkan sudah disampaikan oleh pihaknya kepada pemerintah daerah. Selanjutnya akan didiskusikan lagi di tingkat pemerintah daerah guna menghasilkan solusi.

Sedangkan untuk kesiapan lainnya, mantan Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Jayapura ini dengan nada mantap menyatakan, semua telah disediakan. Hanya di bagian pembiayaan yang perlu mendapat perhatian dari para pihak, terutama pemerintah daerah.

Untuk diketahui, pelaksanaan PORKAB II Kabupaten Jayapura akan digelar pada Juni mendatang dengan mempertandingkan 20 cabang olahraga (cabor).