BPBD dan Polres Banjar Siap Atasi Bencana Asap

Martapura - Dalam rangka mengantisipasi bencana alam Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah kabupaten Banjar tahun 2020 Kepolisian Resort Banjar menggelar apel pengecekan pasukan sarana dan prasarana penanggulangan Karhutla dipimpin langsung Sekretaris Daerah kabupaten Banjar HM Hilman dan melibatkan unsur TNI, Polri, BPBD Banjar, Satpol PP, Damkar, PMI serta Manggala Agni.

Sekretaris Daerah kabupaten Banjar HM Hilman mengatakan langkah ini untuk meningkatkan lagi kewaspadaan serta terus berupaya melakukan pencegahan terhadap potensi kebakaran yang akan mungkin terjadi.

“Semua pihak terkait harus berperan aktif dalam mencegah hal yang dapat memicu timbulnya bencana dengan cara melakukan penyuluhan, sosialisasi, kampanye, termasuk memastikan kekuatan pasukan dan penguasaan peralatan yang digunakan dalam penanganan karhutla,” katanya Selasa (16/6).

Sementara itu Kapolres Banjar AKBP Andri Koko Prabowo mengungkapkan pihaknya sudah menyiapkan sebanyak 600 personil dan modifikasi motor dinas dengan selang saluran air sebanyak 74 unit.

"Sudah jauh hari kita telah menyiapkan pasukan dan sarpras untuk penanggulangan Karhutla di tahun ini, bahkan motor dinas dimodifikasi dengan tambahan selang saluran air untuk penyemprotan,” ujarnya.

Kepala BPBD Banjar HM Irwan Kumar mengungkapkan akan menyiapkan posko pusat bencana untuk memudahkan para personil gabungan dalam berkoordinasi dalam penanggulangan Karhutla.

"Kami sudah menyiapkan personil maupun relawan dan nantinya juga akan disiapkan posko pusat dan posko lainnya dalam memudahkan para personil gabungan juga relawan dalam berkoordinasi tentang penanggulangan karhutla di wilayah Kabupaten Banjar," pungkasnya. (Kominfo Kab.Banjar/Fuad/Syadi)