Pemkab Jayapura Siapkan Kegiatan Belajar Mengajar Melalui Televisi

Sentani - Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Pendidikan dan Dinas Komunikasi dan Informatika siap menerapkan kegiatan belajar mengajar (KBM) siswa melalui siaran televisi.

"Sudah ada kerjasama dengan pihak penyedia saluran televisi, kita siap meluncurkan programnya saja," kata Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gustav Griapon di Sentani, Senin (15/6).

Gustav mengatakan, sebelum program itu mulai dijalankan, pemerintah terlebih dahulu akan melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat khususnya di wilayah-wilayah yang sudah tersambung saluran tv lokal.

"Kita menggunakan saluran tv kabel. Program ini terselenggara setelah ada kerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Papua dan Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, sementara Dinas Kominfo hanya menyiapkan infrastrukturnya," paparnya.

Ditambahkannya, saat ini ada kurang lebih sekitar 15 ribu pelanggan yang sudah terlayani jaringan televisi lokal khusus di area Kota Sentani dan sekitarnya. Untuk itu, Pemkab Jayapura berharap melalui jaringan televisi lokal Ini layanan kegiatan belajar mengajar terhadap siswa-siswi di wilayah kota yang masuk dalam zona merah COVID-19 tetap terlayani.

"Kita menyiapkan saluran khusus program mengajar yang akan disiarkan melalui jaringan tv kabel ini. Nantinya program ini akan diaktifkan selama 24 jam dan dinas terkait yang akan membagi jadwal pelajaran untuk TK, SD, SMP dan SMA maupun SMK," ujarnya.

Gustav menambahkan, secara umum program tv mengajar ini akan maksimal dijalankan pada tahun ajaran baru 2020/2021.

"Saat ini sudah mulai jalan hanya saja masih dalam tahap sosialisasi," tambahnya.