Wabup Natuna: Puspaga Wadah Edukasi Orangtua Dalam Asuh Anak

Natuna - Keluarga sebagai komunitas terkecil dari masyarakat memiliki peranan penting paling utama dan sebagai madrasah pertama bagi proses tumbuh kembang anak-anak.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Natuna Rodhial Huda, dalam sambutannya pada acara Launching Puspaga (Pusat Pembelajaran Keluarga) Kabupaten Natuna Tahun 2022, di Sekretariat Puspaga Jl. H.R. Soebrantas, Jumat (14/1).

Rodhial Huda menyampaikan bahw dari keluarga, seorang anak mulai menerima pelajaran etika, moral, kasih sayang, sosial budaya dan nilai-nilai kehidupan.

“Dari keluarga, seorang anak mulai menerima pelajaran etika, moral, kasih sayang, sosial budaya dan nilai-nilai kehidupan lainnya yang cenderung akan selalu diingat dibandingkan berbagai hal yang didapat dari lembaga pendidikan formal. Keluarga juga hendaknya menjadi tempat teraman, ternyaman dan terbaik bagi anak untuk kembali, yang dapat mengingatkan ketika ia menghadapi masalah, sekaligus mendukungnya meraih kesuksesan," ujar Rodial Huda.

Rodhial menambahkan bahwa orangtua memiliki peran penting memberikan edukasi bagi anak untuk menjalani kehidupan.

”Begitu pentingnya peran keluarga, menuntut setiap orangtua untuk mampu memberikan edukasi dan bimbingan yang baik sebagai bekal dan pondasi dasar anak untuk menjalani kehidupan selanjutnya," tuturnya.

Selanjutnya, Rodhial Huda juga menyampaikan, sekarang ini banyak ketidaktahuan dan ketidakpahaman orangtua tentang cara pola asuh anak yang ideal, sehingga mengakibatkan terjadinya kasus kekerasan baik fisik, mental, seksual maupun penelantaran.

“Persoalannya adalah berbagai kasus pengasuhan anak ada kalanya disertai kekerasan baik fisik, mental, seksual maupun penelantaran. Kondisi ini antara lain disebabkan ketidaktahuan dan ketidakpahaman orangtua tentang cara pola asuh anak yang ideal," ungkapnya.

Di akhir sambutannya, Rodhial Huda berharap dengan pencanangan Puspaga tersebut dapat menjadi wadah dalam memberi edukasi tentang pola asuh anak.

"Oleh karena itu, saya berharap dengan pencanangan puspaga dalam kesempatan yang berbahagia ini setidaknya dapat menjadi wadah dalam memberi edukasi tentang pola asuh yang benar bagi masyarakat di Kabupaten Natuna," tutupnya.