Lima OPD Singkawang Dicanangkan Sebagai Zona Integritas

Singkawang - Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie menghadiri pencanangan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) di lingkungan Pemkot Singkawang, Rabu (10/6).

"Ada lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dicanangkan untuk menuju ZI WBK di Singkawang, yaitu Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Perhubungan, Badan Keuangan Daerah dan RSUD Abdul Aziz," ujar wali kota.

Dirinya berharap hal ini bisa diimplementasikan dengan baik dan tentu diperlukan kerjasama dan dukungan penuh dan komitmen kuat dari seluruh pihak terkait.

Tjhai Chui Mie yakin dan percaya ZI WBK bisa dilakukan di Kota Singkawang, namun khusus pelayanan publik sebaiknya bisa dilakukan secara elektronik guna mengurangi tatap muka langsung dengan masyarakat.

"Karena ini salah satu cara untuk mengurangi gratifikasi maupun korupsi," tegasnya.

Dirinya menambahkan, pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) merupakan upaya dalam meningkatkan kinerja birokrasi.

"Jadi tidak hanya demi mewujudkan reformasi birokrasi, akan tetapi lebih menjadi keharusan dalam mengembalikan kepercayaan dan memenuhi harapan masyarakat terhadap kinerja birokrasi dan perbaikan pelayanan publik," jelasnya.

Dirinya selaku pimpinan berjanji akan terus melakukan pengawasan terhadap lima OPD yang sudah ditunjuk dalam pencanangan pembangunan ZI WBK.

"Sehingga dengan pengawasan yang ketat ini bisa menghasilkan prestasi yang diharapkan," tuturnya.

Ditegaskannya, bagi masyarakat, baik yang mengalami langsung atau melihat adanya dugaan pungutan liar (pungli) di sejumlah pelayanan publik, bisa mengadukannya ke Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang atau ke nomor aduan 0811 5782 510.

Dirinya berpesan kepada masyarakat Singkawang, apabila ingin berurusan dalam hal perizinan ataupun lainnya, untuk tidak menggunakan jasa calo, tapi datang sendiri dengan mempersiapkan persyaratan yang lengkap guna memudahkan proses pengerjaan.

"Jangan selalu ingin cepat tetapi tidak mempersiapkan semua kelengkapannya," pesannya.