Update COVID-19 Kabupaten Banjar, Waspada Penyebaran di Pasar Tradisional

Martapura - Update Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Banjar 80 persen warga positif COVID-19 berasal dari cluster pasar di Banjarmasin dan berprofesi sebagai pedagang.

"Selain cluster Gowa, ternyata banyak warga yang terpapar COVID-19 berasal dari pasar di Banjarmasin. Selain pedagang, keluarga atau orang dekat pedagang terpapar COVID-19," kata juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Banjar, Diauddin, di Banjar, Rabu (20/5).

Dalam pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), menurut Diauddin, data terkonfirmasi sangat meningkat, dari empat puluh orang positif COVID-19, bertambah menjadi tujuh orang.

"Dari empat puluh orang positif COVID-19, sebanyak dua puluh tujuh dirawat, delapan sembuh dan lima meninggal. Bila ada reaktif rapid test, akan di-swab untuk dikirim sampelnya ke BPTKL (Lab Dinkes Kalsel) di Banjarbaru," paparnya.

Selama masa PSBB sejak Sabtu (16/5) lalu, sudah ada 254 rapid test, dan swab 48. Jika ditotal sejak masa darurat 23 Maret 2020, telah 975 warga di-rapid test dan 139 diambil swabnya. (MC Kominfo Kab. Banjar/Prs/Syadi)