Kasus Covid-19 Bertambah, GTPP Banjar: Ayo, Patuhi PSBB

MARTAPURA - Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Banjar kembali update kasus Covid-19, Jumat (15/5).

Juru Bicara GTPP Covid-19 Banjar, dr. Diauddin menyatakan, terdapat penambahan 6 kasus baru yang terkonfirmasi positif. Rinciannya adalah satu kasus dari Aluh-aluh dan 5 kasus dari Kertak Hanyar dengan jumlah positif 19 orang, PDP 7 orang, ODP 77 orang, dan kasus meninggal 5 orang.

"Penambahan tersebut mayoritas berasal dari kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kota Banjarmasin seperti Kertak Hanyar, dan penularan terjadi akibat dari transmisi lokal di Kota Banjarmasin," kata Diauddin.

Oleh sebab itu, pemkab Banjar melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dimulai pada Sabtu dini hari (16/5) di Kabupaten Banjar. Diharapkan, PSBB dapat menekan laju penyebaran wabah tersebut.

"Dalam 15 hari ke depan kita berharap bisa memetakan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Banjar. Kita akan menggelar screening melalui peneriksaan menggunakan rapid tes secara massal di seluruh puskesmas di Kabupaten Banjar,” ungkapnya.

Ia menyarankan, bagi warga Banjar yang memiliki kontrak risiko tinggi terhadap pasien positif Covid-19, PDP, dan OTG harus menjalani rapid test.

Lebih lanjut diuraikannya, Diauddin membenarkan informasi tentang beberapa rumah sakit di Banjarmasin penuh dan tidak mampu menerima pasien karena terjadi ledakan kasus suspect dan positif Covid-19.

“Bahkan di RSUD Ratu Zalecha saja ruangannya sudah penuh. Jadi kabar rumah sakit penuh karena terjadi ledakan kasus itu bukan hoaks, bahkan kondisinya sudah mulai memprihatinkan dan tenaga kesehatan mulai kewalahan. Maka dari itu, masyarakat harus mendukung pelaksanaan PSBB agar tidak terjadi ledakan kasus ditempat kita,” tegasnya.

Di tempat serupa, Sekda Banjar, HM Hilman menambahkan, pihaknya telah mempersiapkan pelaksanaan PSBB yang terintegrasi dan terpadu dengan tiga Kabupaten Kota di Kalimantan Selatan yakni Kabupaten Banjar, Kabupaten Batola, dan Kota Banjarbaru.

"Kami memohon kepada masyarakat untuk kesabarannya berdiam diri di rumah pada pelaksanaan PSBB ini. Jika beraktivitas di luar rumah harus menjalankan prinsip-prinsip protokol kesehatan guna memutus dan mengendalikan penyebaran Covid-19, seperti menggunakan masker, rajin mencuci tangan pada air mengalir pakai sabun, pada kegiatan usaha yang masih berjalan," urai Hilman.

Sekda Banjar berharap PSBB berjalan maksimal dengan dukungan penuh masyarakat. PSBB di Kabupaten Banjar dilaksanakan pada enam Kecamatan yaitu Martapura Kota, Martapura Timur, Sungai Tabuk, Gambut, Kertak Hanyar, serta Tatah Makmur yang akan diberlakukan pada Sabtu 16 Mei 2020 pukul 00.01 Wita. (MC Kominfo Kab. Banjar/Ags/Prs/Syadi)