Dinkes Kubu Raya Pastikan APD Mencukupi

Kubu Raya - Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, memastikan ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis di seluruh rumah sakit, puskesmas dan jaringannya sampai saat ini mencukupi.

“Kenapa saya katakan cukup, karena saya setiap saat selalu meng-update data terkait APD bagi tenaga medis. Mulai dari masker yang standar sampai N-95, pakaian hazmat lengkap memang sudah harus tersedia setiap harinya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Marijan usai menghadiri rapat bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Sungai Raya di aula pertemuan Puskesmas Sungai Durian, Rabu (13/5).

Ia juga memberikan kesempatan bagi pihak manapun untuk memberi dukungannya dalam percepatan penanganan COVID-19.

“Alhamdulillah, untuk ketersediaan APD bagi 1.259 tenaga kesehatan yang tersebar di 20 Puskesmas dan RSUD Kubu Raya sampai saat ini masih cukup aman. Yang mana untuk masker terdapat 49.150 pcs, N95 sekitar 1.090 pcs, handscoon (Sarung tangan) 43.050, dan baju APD 1.352 pcs," paparnya.

Menurut dia, sebagai daerah interland bagi Kota Pontianak dan Kabupaten lainnya, Kubu Raya merupakan daerah yang paling rentan penyebaran COVID-19. Namun, jika dilihat dari hasil yang ada saat ini, pihak berusaha menekan laju penyebaran COVID-19.

“Kita berharap dengan hasil yang ada saat ini tidak terjadi penambahan, baik itu yang ODP, PDP, OTG terkonfirmasi maupun yang reaktif. Karena kita juga akan berusaha meminimalisir dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dengan melakukan edukasi dan sosialisasi melalui media promosi. Alhamdulillah, langkah itu mampu menekan laju penyebaran virus ini," pungkasnya.