Kemenpora Targetkan Pengembangan Kewirausahaan Pemuda Daerah

Labuan Bajo - Pengembangan kewirausahaan pemuda yang menjadi target pemerintah pusat harus bisa menyasar pemuda yang ada di daerah. Untuk itu perlu adanya sinergitas antar Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dalam mengembangkan kewirausahaan.

Pemulihan ekonomi melalui penguatan sektor usaha UMKM yang terdampak COVID-19 menjadi salah satu fokus pemerintah. Untuk itu,pemerintah berupaya agar perbaikan ekosistem pengembangan kewirausahaan dapat membuka peluang usaha baru.

'Pemerintah pusat mendorong pemda untuk membuat prakarsa-prakarsa agenda pengembangan kewirausahaan pemuda.Untuk memperkuat ekosistem tersebut, maka dibutuhkan strategi yang komprehensif dan terintegrasi antara pemerintah pusat, daerah, swasta, perguruan tinggi dan masyarakat," kata Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Imam Gunawan saat kegiatan pendampingan kewirausahaan pemuda di Loccal Colletion Hotel Labuan Bajo, Selasa (23/11).

Dikatakanya, pendampingan perbaikan ekosistem kewirausahaan Pemuda di daerah sebagai salah satu strategi yang dilakukan Kemenpora yakni, melalui peningkatan pemahaman akan tujuan yang sama yaitu tentang pentingnya membangun ekosistem pengembangan kewirausahaan, peningkatan kompetensi stakeholders pelaku pengembangan kewirausahaan pemuda di daerah khususnya, dan advokasi penyediaan dukungan kebijakan terhadap perbaikan ekosistem kewirausahaan pemuda di daerah.

Imam Gunawan menjelaskan, kegiatan pendampingan kewirausahaan ini digelar untuk menyamakan Pemahaman para pelaku pada tiap komponen ekosistem di daerah serta

memahami konsep strategi Pemerintah Daerah dalam pengembangan Kewirausahaan pemuda.

Ia berharap, pemda dan stakeholder terkait dapat bekerjasama dalam implementasi rencana-rencana aksi yang telah disusun dalam kegiatan ini.

Dirinya juga mengharapkan agar pemuda Manggarai Barat menaruh minat yang kuat untuk menjadi pengusaha muda yang andal.

Kegiatan ini menghadirkan peserta dari stakeholder terkait pengembangan kewiruasahaan yang terdiri atas pemerintahan, swasta, lembaga keuangan/perbankan, pendidikan dan pelaku usaha/ wirausaha maupun kepenggerakan Kewirausahaan.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Danggur Gayetanus pada kesempatan tersebut mengharapkan, kerjasama serta kolaborasi dari pihak terkait guna pengembangan kewirausahaan pemuda di Mangggarai Barat.

"Jangan ada ego sektoral, mari kita bangun kerjasama dan mendukung para pengusaha muda agar menjadi pemuda yang sukses," katanya.

Harapan yang sama disampaikan salah seorang pelaku UMKM Abim mengaharapkan support Pemerintah untuk memberikan sentuhan dan dorongan yang terus menerus, agar para pemuda lokal Manggarai, terus bergerak untuk mengembangkan usaha terutama di bidang UMKM.

Ia menyampaikan terima kasih kepada pihak Kemenpora dan pemkab Mabar karna dirinya ikut ambil bagian dalam kegiatan itu.

"Terima kasih kiranya pemerintah tetap mendorong kami untuk maju dan bangkit," ucapnya.