Pemkab Kubu Raya Mulai Salurkan Bansos Pemerintah Pusat

Kubu Raya - Proses penyaluran bantuan sosial (bansos) dari pemerintah pusat untuk masyarakat di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, mulai berlangsung dan disalurkan secara bertahap ke seluruh kecamatan.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam mengatakan, proses distribusi bansos berjalan dengan lancar, dimulai dari Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang disalurkan melalui BNI dan Bantuan Sosial Tunai (BST) yang didistribusikan PT Pos Indonesia (Persero). 

"Alhamdulillah secara umum proses penyaluran kartu BNI untuk Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT berjalan baik. Sedangkan Bantuan Sosial Tunai atau BST yang akan didistribusikan oleh Kantor Pos persiapannya telah dimulai dengan baik dan kepala desa mulai mengambil undangan untuk warga yang mendapatkan bantuan tersebut," kata Yusran, saat memantau proses pembukaan buku tabungan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Non-PKH di Kubu Raya, Selasa (12/5).

Yusran mengungkapkan, sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial, masyarakat Kubu Raya yang akan menerima bantuan sebanyak 64.144 Kepala Keluarga.

"Secara umum penerima bantuan di Kubu Raya terdiri atas 15 ribu penerima Program Keluarga Harapan (PKH), 27 ribu penerima Bantuan Sosial Tunai (BST), dan 30 ribu penerima Bantuan Pangan Non Tunai.  Selebihnya akan mendapatkan Bantuan Langsung Tunai dana desa sebanyak 100 kepala keluarga setiap desanya," paparnya.

Selain Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang disalurkan melalui Bank BNI dan Bantuan Sosial Tunai (BST) yang didistribusikan PT Pos Indonesia, masyarakat akan menerima bantuan bahan makanan pokok dari dana APBD Kabupaten Kubu Raya. Pemberian bantuan dilakukan secara bertahap. 

"Insya Allah dari 169 ribu kepala keluarga di Kubu Raya, sekitar 100 ribunya akan menerima bantuan dari berbagai skema tadi. Insya Allah ini sudah melebihi dari jumlah penduduk miskin di Kabupaten Kubu Raya," ujar Yusran.