Bupati Kubu Raya Pacu Siswa Tingkat SD Hingga SMA Ikuti Lomba Menulis Surat

Kubu Raya - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengapresiasi besarnya minat siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) mengikuti lomba menulis surat bagi Bupati.

Sebanyak 1.803 peserta dari tingkat SD hingga SMA di seluruh Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) mengikuti lomba menulis surat. Saat ini, lomba serupa juga dilaksanakan oleh Menteri Pendidikan Nadiem Makarim.

"Kami tidak menyangka kalau pak Menteri Pendidikan ikut melaksanakan lomba yang sama. Ini kesempatan bagi siswa di tingkat SD sampai dengan SMA dari wilayah Kubu Raya mengikuti lomba serupa di tingkat nasional yang dilaksanakan oleh Menteri Pendidikan," kata Bupati Kubu Raya, H. Muda Mahendrawan, di Sungai Raya, Senin (13/5).

Muda mengungkapkan, dari semua peserta yang masuk akan diseleksi secara ketat dan disaring untuk masuk 20 besar tiap cabang lomba. Dari 20 besar tersebut, kemudian nantinya juri akan bersatu untuk menetapkan 10 besar dan akhirnya dipilih untuk tiga besar.

"Pengumuman pemenang nantinya akan dilakukan sebelum Hari Raya Idul Fitri dan setiap video maupun surat yang masuk akan kita publikasikan di media sosial dan dirangkum dalam akun sosial dan official Youtube sehingga masyarakat bisa melihat langsung kualitas dari peserta," paparnya.

Lomba dalam jaringan yang dilaksanakan Pemkab Kubu Raya, lanjut Muda, sebagai salah satu upaya pencegahan depresi massal pada anak dengan menggelar lomba Azan, Murotthal Quran, menulis surat ke Bupati dan membacakannya bagi siswa SD, SMP dan SMA.

"Selain tindakan medis, Pemerintah melakukan langkah-langkah penanganan dari aspek psikologis. Pada masa pandemic COVID-19 yang mewajibkan masyarakat selalu ada di rumah, bisa membuat bosan dan ujung-ujungnya depresi jika tidak dibarengi dengan kegiatan yang mampu memberi semangat bagi masyarakat," ujar Muda.

Sedangkan koordinator juri lomba menulis surat kepada Bupati Kubu Raya, Indah Suliastuti menambahkan, berdasarkan update panitia pelaksana Lomba Menulis Surat kepada Bupati Kubu Raya, jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 1.803 orang.

"Ini angka yang sangat besar dan menjadi bukti bahwa siswa di Kubu Raya sangat antusias untuk mengikuti lomba," tegasnya.

Lomba yang diikuti 1.803 peserta terdiri atas peserta tingkat SD/MI kelas bawah sebanyak 230 orang, tingkat SD/MI kelas atas sebanyak 506 orang, tingkat SMP/MTs sebanyak 1007 orang dan tingkat SMA sederajat sebanyak 60 orang.  (rino).