Pemprov Jatim Sosialisasi Produk Olahan Non Beras di Kota Madiun

Madiun – Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal dan Gelar Pangan Murah 2021 dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia, di Taman Sumber Wangi, Kota Madiun, Rabu (17/11).

Wali Kota Madiun Maidi, dalam sambutannya menyambut baik kegiatan ini, apalagi Madiun memiliki berbagai produk olahan non beras unggulan.

‘’Misalnya, mengganti tepung dengan bekatul. Yang terbaru, kami sedang mencoba mengawinkan produk hasil olahan Porang dengan Pecel Madiun,’’ tuturnya.

Menurut wali kota, tanaman Porang yang saat ini sedang naik daun bisa diolah menjadi berbagai produk menarik. Salah satunya, Beras Porang. Tidak hanya rasanya yang enak, tapi juga lebih sehat karena rendah gula.

Hal serupa juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur Hadi Sulistyo. Ia mengatakan, Jatim sebagai lumbung pangan nasional berupaya mengangkat ekonomi masyarakat di masa pandemi. Salah satunya, dengan memproduksi produk pertanian lokal.

‘’Melalui kegiatan ini kami ingin mengajak masyarakat mengubah mindset bahwa makan tidak selalu beras. Ada produk olahan lain pengganti beras yang bagus untuk kesehatan,’’ jelasnya.

Selain pameran produk olahan non beras, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan bazaar sembako murah bagi masyarakat umum. Seperti telur, bawang putih, bawang merah, gula, dan minyak goreng.