Satpol PP Kubu Raya Giat Sisir Pusat Keramaian

Kubu Raya - Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kubu Raya terus melakukan patroli menyisir sejumlah tempat yang masih digunakan berkumpul masyarakat di beberapa desa dan kecamatan untuk menekan penyebaran COVID-19.

Kepala Satpol PP Kabupaten Kubu Raya Adriansyah mengatakan selama masa pandemi, pihaknya terus melakukan patroli ke sejumlah titik sekaligus mengimbau warga untuk tidak berkumpul. 

“Sebagai penegak peraturan daerah, kami terus mensosialisasikan himbauan Bupati Kubu Raya terkait pencegahan dan penyebaran COVID-19 kepada masyarakat. Bapak Bupati menugaskan kami untuk melakukan patroli di 5 kecamatan yakni Kecamatan Sungai Raya, Sungai Kakap, Sungai Ambawang, Kuala Mandor B dan Kecamatan Rasau Jaya,” katanya, Sabtu (9/5).

Adriansyah menambahkan, giat patroli ini sudah dilakukan pihaknya sejak 15 Maret 2020 dengan meemberikan imbauan dan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga jarak (physical distancing) untuk memutus mata rantai penyebaran virus.

Mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kubu Raya tersebut menambahkan, selama bulan suci Ramadha, ia bersama puluhan anggota Pol PP di 5 Kecamatan turut melakukan patroli dan mendampingi petugas medis di masing-masing kecamatan.

“Dengan keterbatasan personil, sejak memasuki bulan suci Ramadhan kami terpaksa menarik anggota kami yang ada di 3 Kecamatan untuk dibawa ke Kabupaten untuk membantu melakukan giat patroli. Kita bersama Kepolisian dan TNI melakukan imbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah dengan tetap menerapkan physical distancing. Untuk penindakannya akan dilakukan pihak kepolisian," papar dia.

Dijelaskannya, meski sejumlah pusat perbelanjaan di Kabupaten Kubu Raya sebagian telah menutup aktivitasnya, namun pihaknya tetap melakukan penyisiran dan membantu pihak Kecamatan dan Desa melakukan penyemprotan disinfektan dan pembagian masker untuk mencegah penyebaran virus Corona.

“Giat patroli ini masih akan kami lakukan sampai tanggal 30 Mei mendatang dan kami juga akan membantu Polres Kubu Raya dan Kodim 1207/BS di Posko Lebaran dalam mengantisipasi tindak kejahatan dan cegah warga yang mudik dan pulang kampung," tegasnya.   

Di tempat terpisah, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengapresiasi semangat yang ditunjukan personil Satpol PP untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Dengan perlengkapan minim, Satpol PP menjadi bagian untuk mengudukasi kepada masyarakat dan mensosialisasikan dalam membatasi kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang. Saya sangat apresiasi seluruh anggota Satpol PP yang bertugas tiap malam yang tiada hentinya. Tentunya ini bukan pekerjaan yang mudah karena harus memiliki kesabaran," ucap Bupati Muda.