BPN Mabar Canangkan Pembangunan Zona Integritas

Labuan Bajo - Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Manggarai Barat menggelar kegiatan Pencanangan Zona Integritas dan peluncuran inovasi Kantor pertanahan Mabar, Kamis (4/11).

"Saat ini seluruh jajaran Kantor Pertanahan Manggarai Barat berkomitmen untuk melaksanakan Pembangunan Zona Integritas di Wilayah Kantor Kami, walaupun kami menyadari dengan segala tantangan yang ada dan dengan keterbatasan yang ada kami punya semangat untuk melakukan yang terbaik demi meraih predikat WBK dan WBBM," kata Kepala Kantor BPN Manggarai Barat Budi Hartanto.

Dijelaskanya dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik, dilaksanakan Peresmian mushola AL BUSYAIRI Kantor Pertanahan Manggarai Barat sebagai wujud peningkatan kualitas sarana dan prasarana kantor pelayanan publik sebagai sarana ibadah bagi pemohon dan pegawai,

Layanan ini bertujuan untuk mempermudah pelayanan, mempersingkat alur birokrasi, mewujudkan harapan masyarakat pengguna layanan serta mewujudkan komitmen ATR/BPN memberikan pelayanan yang cepat dan cermat. Layanan imi diberi nama LACALES singkatan dari Layanan Caleso yang artinya satu hari.

Kemudian Layanan Prioritas Mandiri. Loket ini khusus karpet merah tanpa mengantri yang bertujuan mendorong masyarakat untuk mendaftarkan sediri serta diharapkan mampu memangkas peran para calo yang menyebabkan biaya tinggi dalam pengurusan layanan pertanahan.

Loket Permohonan Instansi Pemerintah. Loket khusus ini merupakan komitmen untuk mendorong instansi pemeritah agar medaftarkan tanahnya dalam rangka penertiban dan penyelamatan asset pemerintah. Inovasi ini diberi nama LAPRIMA singkatan dari Layanan Prioritas Mandiri.

"Inovasi-inovasi diatas adalah wujud komitmen kami untuk terus berbenah dalam melakukan berbagai peningkatan dalam pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu mohon dengan hormat berkenan Bapak kakanwil untuk meluncurkan secara resmi pelaksanaan inovasi tersebut," ungkapnya

Sementara itu Wakil Bupati Manggarai Barat dr. Yulianus Weng, M.Kes menyampaikan apresiasi terobosan pelayanan yang dilakukan oleh kantor pertanahan Mabar dimana pemerintah disediakan loket khusus untuk pengajuan sertifikasi tanah pemda.

"Kami mengapresiasi terobosan yang dilakukan kantor pertanahan Mabar khususnya tersedianya loket khusus bagi pemerintah daerah untuk mengajukan sertivikat tanah," ungkap Wabup Yulianus.

Menurutnya sebagai kabupaten tujuan pariwisata super prioritas, masalah tanah dengan segala kompleksitasnya tidak bisa dihindari, namun terobosan yang dilakukan oleh kantor pertanahan Manggarai Barat bisa menjadi solusi untuk berbagai persoalan yang ada.

"Kompleksitas permasalahan tanah terjadi didaerah ini, namun kami yakin bahwa permasalahan ini akan bisa teratasi kedepannya dengan semua terobosan yang dilakukan Badan pertanahan Mabar," harapnya.