Bupati Kubu Raya Sebar Ribuan Masker ke Warga Sungai Kakap

Kubu Raya - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan membagikan sekitar 5.000 masker kepada masyarakat di sembilan kecamatan sebagai tindak lanjut dari imbauan pemerintah di tengah pandemi COVID-19.

“Ini merupakan upaya untuk memastikan bahwa setiap orang mempunyai masker,” katanya di sela membagikan masker ke warga Desa Pal IX, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Minggu (3/5).

Dijelaskan, adanya kewajiban memakai masker maka Pemkab Kubu Raya memastikan semua warga memiliki masker jenis kain.

Hingga saat ini, masker kain hasil jahitan konveksi dan mandiri telah diproduksi sebanyak 70 ribu masker kain.

“Saat ini masker itu wajib untuk memutus mata rantai dan mencegah penyebaran. Otomatis kalau kita mewajibkan masyarakat tentu tidak bijak jika masker kain tersebut tidak disediakan juga,” ujarnya. 

Bupati Muda menambahkan Pemkab Kubu Raya berupaya membangun pemahaman saat ini masker telah menjadi bagian dari cara berbusana. Slogan 'Maskerku Pakaianku' kini giat digaungkan.

“Karena masker kain mudah dicuci diharapkan sudah tidak ada alasan dan nantinya menjadi kebiasaan. Inilah kebijakan pemerintah Kabupaten Kubu Raya dan akan terus kita proses dan produksi sampai diharapkan semua masyarakat Kubu Raya punya masker pribadi,” tuturnya. 

Muda berharap kegiatan pembagian masker menggugah kesadaran masyarakat memiliki masker dan berencana kebijakan pemakaian masker kain akan menyentuh pada seragam anak sekolah. 

“Nanti ke depan, kita jadikan (masker) ini melekat pada pakaian anak-anak sekolah juga,” imbuhnya. 

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam menambahkan hingga kini jumlah masker kain yang diproduksi konveksi dan penjahit mandiri di Kubu Raya telah mencapai sekitar 70 ribu masker.

Masker tersebut dibeli pemerintah kabupaten untuk didistribusikan kepada masyarakat dan pihak lain yang membutuhkan.  

“Pengadaan masker kain diantaranya dibiayai dengan dana yang berasal dari partisipasi ASN Kubu Raya melalui pemotongan tambahan penghasilan PNS daerah (TPP). Sebagian dari dana tersebut juga akan digunakan untuk pengadaan bantuan bahakan makanan pokok," paparnya.

Camat Sungai Kakap Rusdety mengapresiasi kerja Pemkab Kabupaten Kubu Raya yang telah mendistribusikan masker kain untuk warganya dan diharapkan pembagian masker dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memakai masker. 

“Mudah-mudahan berikutnya ada lagi lembaga-lembaga lain yang punya kemampuan dan kesempatan untuk berbagi masker khususnya di Sungai Kakap ini. Kami ucapkan banyak terima kasih karena ini sangat bermanfaat sekali terutama pada kondisi wabah saat ini,” tegasnya.