Pemkab Kubu Raya Optimalkan Program CSR Bantu Tangani Covid-19

Kubu Raya - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menegaskan akan mengikuti arahan Presiden Joko Widodo untuk mengalihkan sejumlah anggaran guna pencegahan dan penanganan wabah Covid-19.

"Untuk memangkas dan mengalihkan anggaran untuk penanganan dan pencegahan Covid-19 ini, kita tidak perlu gegabah. Harus tepat sasaran dan tepat waktu," kata Muda Mahendrawan usai mengikuti Musrenbangnas Tahun 2021 secara virtual di kantornya, Kamis (30/4).

Selain memangkas dan mengalihkan peruntukan sejumlah anggaran, Muda mengatakan, Pemkab Kubu Raya juga memaksimalkan program Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan.

"Kita bekerja sama dengan banyak pihak. Perusahaan-perusahaan juga kita minta untuk melakukan rapid test di lingkungan masing-masing, atau memberikan bantuan berupa peralatan," tambahnya.

Mengenai program jaring pengaman sosial, ia menambahkan akan dilakukan sistem klaster masyarakat, dengan menitikberatkan pada masyarakat yang terdampak langsung wabah tersebut.

"Seperti juru parkir, kuli pelabuhan, penambang sampan, supir oplet, dan sebagainya," ujarnya.

Dalam pidatonya, Presiden Joko Widodo meminta semua jajaran bekerja keras dan cepat agar pada 2021 Indonesia kembali pulih. Ia juga meminta seluruh kepala daerah untuk mendata secara detail industri yang terdampak, serta merancang strategi agar ekonomi kembali normal.