Bupati Kubu Raya: Distribusi Bantuan Sembako Terus Berjalan

Kubu Raya - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menyatakan, proses distribusi bantuan berupa sembako kepada masyarakat terdampak wabah virus corona (COVID-19) masih terus berlangsung.

Penyalurannya, ujar Bupati Muda, dilakukan berdasarkan kelompok usaha masyarakat dan profesi yang telah terdaftar dan terdata secara langsung, yakni masyarakat yang tidak bisa menjalankan kegiatan ekonominya seperti berdagang dan jasa, mulai dari sekitar 191 pelaku usaha pedagang kecil mikro segala usaha termasuk gerobak, 376 pengelola kantin SD, 129 pengelola kantin SMP, serta 90 juru parkir. 

"Pekan depan akan diserahkan juga bantuan kepada para pekerja sampan penyeberangan atau penambang, sopir opelet, ojek konvensional, pekerja angkut bongkar muat di sejumlah dermaga, karyawan warung makan mikro kecil, dan karyawan warung kopi yang masih proses pendataan," kata Muda.

Ditambahkannya, penerima bantuan juga termasuk para perempuan kepala keluarga atau janda yang tidak mampu dan rentan.

"Data sementara menunjukkan sebanyak 506 orang dari beberapa kecamatan dan akan masih terus didata agar klaster lebih jelas," ujar Muda.

Ke depan, lanjut Muda, pemerintah kabupaten juga tengah mempersiapkan langkah-langkah untuk jaring pengaman sosial, termasuk upaya memperkuat pemulihan usaha ekonomi mikro kecil agar tetap hidup dan kembali beraktivitas dengan jaminan pasar lokal yang mampu menyerap produksi.

Selain itu, tambahnya, produksi masker kain dari para penjahit lokal juga tetap berjalan sehingga sekaligus dapat menghidupkan ekonomi rumah tangga. 

"Sambil kita melakukan refocusing dan realokasi serta penyesuaian APBD 2020 terkait pandemi COVID-19, saat ini Pemerintah Kabupaten Kubu Raya juga sudah berupaya memaksimalkan percepatan realisasi program kegiatan yang disusun untuk percepatan penyerapan tenaga kerja dalam mengurangi pengangguran dan pemulihan sosial ekonomi sebagai dampak kondisi saat ini," paparnya.

Sementara itu, Anggota Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Kabupaten Kubu Raya mengapresiasi pemerintah daerah setempat yang telah menyalurkan bantuan bahan makanan pokok di tengah pandemi COVID-19.

"Terima kasih kepada Bupati Kubu Raya dan perangkat daerah terkait bantuan sebab sangat berarti di tengah kondisi seperti ini," perwakilan Koperasi TKBM Mis Suryadi.