Desa Tambak Anyar Kabupaten Banjar Aktif Cegah COVID-19

Martapura - Relawan COVID-19 Desa Tambak Anyar, Kecamatan Martapura Timur, melakukan kegiatan penyemprotan disinfekan dan pembagian masker gratis kepada masyarakat setempat, Senin (20/4).

Upaya tersebut dilakukan untuk mencegah meluasnya penyebaran wabah virus corona di Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, mulai dari lingkungan terkecil yaitu desa.

Aparatur desa beserta sejumlah relawan dan masyarakat Desa Tambak Anyar juga telah melakukan berbagai upaya pencegahan masuknya COVID-19, seperti menyediakan tempat cuci tangan.

"Tujuan untuk menjaga warga desa agar tidak terpapar virus corona dan ikut memutus mata rantai penyebaran virus tersebut," jelas Pendamping Lokal Desa Tambak Anyar Hifziannor.

Sementara itu, Sekretaris Desa Tambak Anyar Muhammad Halimi mengatakan, selain itu relawan dan aparatur desa juga bersinergi dengan aparat keamanan Babinsa dan Babinkamtibmas, serta petugas kesehatan dari Puskesmas.

"Kita harapkan dengan adanya upaya ini, maka desa kita bebas dari corona dan tidak ada warga yang terpapar virus tersebut," ujarnya.

Berdasarkan keterangan dari Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Banjar Mokhamad Hilman, saat ini desa-desa di wilayah setempat terus bergerak untuk membentuk Desa Tangguh dan Tanggap COVID-19.

"Diharapkan jika nantinya desa-desa sudah Tangguh dan Tanggap COVID-19 selanjutnya akan terbentuk Kecamatan Tangguh dan Tanggap COVID-19," ujarnya.