Pemkot Bekasi Gelar Musrenbang RKPD 2021 Secara Virtual

Bekasi - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2021 secara virtual atau online di Media Center Stadion Patriot Candrabhaga, Senin (20/4).

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan Wakil Wali Kota Tri Adhianto, serta Sekretaris Daerah Reny Hendrawaty melakukan video conference bersama camat, OPD terkait dan Ketua DPRD Kota Bekasi beserta jajarannya untuk membahas langkah penyusunan RKPD 2021.

Dalam pemaparannya, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, usulan-usulan dari masyarakat yang disampaikan melalui Sistem Informasi Perencanaan dan Penganggaran (SIENCANG), termasuk dari FKRW hasil dari tingkat kelurahan dan kecamatan, Renja Perangkat Daerah, hasil reses pokok pikiran anggota DPRD, menandakan masyarakat ingin ikut andil dalam upaya memajukan Kota Bekasi.

"Adapun tema Musrenbang RKPD 2021 yaitu "Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dan Kapasitas Pelaku Ekonomi" menjadi tantangan bagi kita semua di tengah situasi pandemi COVID-19," ujar Rahmat.

Rahmat menjelaskan bahwa Musrenbang RKPD 2021 akan berfokus kepada peningkatan pemerataan pendidikan masyarakat, peningkatan kualitas layanan pendidikan berbasis IT, peningkatan layanan kesehatan dengan terpenuhinya Puskesmas di 56 Kelurahan, serta penguatan kesalehan spiritual, ketahanan sosial, dan kearifan budaya, serta pengembangan creative society dan kohesi sosial.

Berdasarkan "Siencang", usulan kegiatan tahun 2021 mencapai 10.075 dengan pagu anggaran Rp14.647.948.619.027 atau mengalami peningkatan dari 2020 untuk pendapatan asli daerah dan belanja daerahnya.

"Diharapkan semua pihak baik birokasi, legislatif dan unsur lain dapat berkoordinasi dengan baik agar dapat mencapai program yang diinginkan," ujar Rahmat Effendi.