Dinsos Kapuas Susun Data Warga Terdampak COVID-19 Terima Bansos

Kuala Kapuas - Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kapuas Budi Kurniawan mengatakan, pihaknya telah melakukan pendataan terkait penerima bantuan sosial berupa sembako dan uang tunai terkait pandemi virus corona (COVID-19).

"Data tersebut kami kejar sampai Senin (20/4)," ujar Budi Kurniawan di Kapuas, Sabtu (18/4).

Sumber dana untuk bantuan sosial ini, ujarnya, berasal dari APBN, APBD Provinsi Kalteng dan APBD Kabupaten Kapuas, serta dari Kementerian Sosial serta dari dana desa.

Budi mengatakan, untuk bantuan provinsi dan kabupaten berupa beras atau sembako, sedangkan dari pemerintah pusat dalam bentuk uang tunai.

"Kami tengah menyusun datanya supaya jangan sampai bantuan ini tumpang tindih," tandas Budi Kurniawan.

Ia mengakui memang ada beberapa kelurahan yang mengalami keterlambatan dalam pendataan dan itu terus diperbaiki.

"Insya Allah masyarakat miskin yang terdampak mungkin tidak semua bisa ter-cover karena keterbatasan pemerintah, tapi kita berharap 30-40 persen dari masyarakat Kapuas bisa di-cover untuk menerima bantuan sosial, dan dalam pelaksanaan penyalurannya akan bekerja sama dengan melibatkan TNI dan Polri, serta para relawan. Skema penyalurannya nanti kita bagikan dari rumah ke rumah karena saat ini tidak boleh membuat kerumunan massa," ujarnya.

Dia menambahkan, warga kurang mampu yang merasa belum terdaftar dipersilakan melapor lewat rukun tetangga (RT) untuk kemudian akan diteruskan ke kelurahan.