Pemkab Sigi Gelar Rakor Pencegahan dan Penanganan COVID-19

Sigi - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menggelar rapat koordinasi terkait pencegahan dan penanganan virus corona (COVID-19) melalui media teleconference yang diikuti oleh forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda), sekretaris daerah, asisten, serta seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dan camat di wilayah setempat, Jumat (17/4).

Beberapa hal yang menjadi agenda rapat yaitu terkait pembentukan gugus tugas di tingkat kecamatan dan desa yang telah ditindaklanjuti oleh hampir semua wilayah, bahkan telah aktif melaksanakan imbauan dan kebijakan pemerintah, serta membangun posko sebagai pusat informasi dan pemantauan.

Sementara itu, dalam mendukung langkah-langkah pemerintah, Ketua DPRD Kabupaten Sigi Moh Rizal Intjenae menyampaikan bahwa DPRD akan membentuk Tim Pengawas (Timwas) yang akan bekerja bersama pemerintah sesuai dengan kewenangannya.

"Timwas ini nantinya akan memberikan masukan yang bersifat konstruktif sekaligus menjadi media antara pemerintah dan masyarakat," ujar Rizal.

Sementara itu, terkait dengan kesiapan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Torabelo menjadi tempat perawatan pasien COVID-19, Direktur RSUD Torabelo dalam laporannya menyampaikan bahwa pihak RS terus melakukan persiapan, baik terkait ruangan maupun standar kelayakan yang harus dipenuhi.

Pemerintah Kabupaten Sigi juga telah menindaklanjuti penyiapan lokasi pemakaman bagi jenazah COVID-19 yang rencananya akan berlokasi di Desa Ngata Baru.

Sebagai langkah awal, Pemkab Sigi akan melakukan sosialisasi bagi pemerintah desa dan masyarakat di Desa Ngata Baru terkait rencana lokasi pemakaman tersebut agar tidak menjadi keresahan warga.

Terkait penggunaan anggaran penanganan COVID-19, kepala Kejaksaan Negeri Donggala dalam kesempatan itu mengingatkan agar digunakan sebaik-baiknya.

Sementara itu, Bupati Sigi Mohamad Irwan kembali menegaskan bahwa langkah-langkah yang dilakukan pemerintah adalah untuk kepentingan kemanusiaan.

Oleh karenanya Irwan berharap kepada seluruh unsur terkait agar tetap menjaga kerja sama dan koordinasi dalam melaksanakan tugas-tugas pencegahan dan penanganan wabah COVID-19 ini.