MAA Aceh Barat Gelar Mubes Pertama

Meulaboh - Majelis Adat Aceh (MAA) Kabupaten Aceh Barat menggelar Musyawarah Besar (Mubes) pertama tahun 2021, dalam rangka pemilihan ketua  untuk masa bakti 2021-2026 di Aula Bappeda Aceh Barat pada Selasa (28/9).

Mubes yang dibuka langsung oleh Bupati Aceh Barat Ramli MS tersebut turut dihadiri oleh unsur Forkopimda, para camat, pemangku adat, serta pengurus MAA.

Dalam sambutannya, Bupati Aceh Barat Ramli MS mengatakan bahwa pemilihan ketua MAA merupakan hal yang sangat krusial dalam menjaga serta melestarikan adat istiadat yang ada di Aceh khususnya di Aceh Barat.

"Adat bak poteumeureuhom, hukom bak syiah kuala, yang mempunyai makna bahwa adat itu ada pada seorang pemimpin, sementara hukum ada pada ulama," ungkap Ramli MS.

Untuk itu, ia berharap Mubes MAA yang digelar pada hari ini dapat melahirkan sosok pemimpin yang benar-benar paham tentang agama serta adat istiadat yang dimiliki oleh Kabupaten Aceh Barat. Menurutnya, hal tersebut sangat penting guna menguatkan kembali adat istiadat yang selama ini telah terbangun di Bumi Teuku Umar ini.

Sebagai pemerintah daerah, Ramli MS mengatakan, pihaknya terus mendorong penguatan terhadap peranan MAA Kabupaten Aceh Barat dalam menjaga Kelestarian Budaya dan adat istiadat di tengah era modern saat ini.

"Jangan sampai adat istiadat Aceh dianggap kuno dan ketinggalan zaman oleh generasi milenial," ujarnya.

Oleh sebab itu, tambah Ramli, peranan MAA sangat dibutuhkan guna menumbuhkan kecintaan masyarakat khususnya generasi muda terhadap budaya dan adat istiadat Aceh yang berlandaskan pada nilai-nilai Islami.

Di samping itu, ia juga meminta kepada Ketua MAA Kabupaten Aceh Barat untuk periode mendatang agar dapat membuat sebuah seminar yang memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa adat istiadat Aceh sejalan dengan ideologi Pancasila. Menurutnya, hal tersebut sangat penting sebagai upaya untuk menguatkan ideologi Pancasila melalui budaya dan adat istiadat daerah.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana kegiatan Nuriyah menyampaikan bahwa Mubes ini diikuti oleh 82 peserta yang mewakili unsur pemangku Adat, MAA Kecamatan, Imum Mukim serta MAA Kabupaten Aceh Barat.

Ia juga menjelaskan bahwa Mubes pemilihan Ketua MAA Kabupaten Aceh Barat ini dijadwalkan akan digelar selama dua hari yakni 28-29 September 2021 yang bertujuan untuk menentukan calon kandidat serta dilanjutkan dengan pemilihan Ketua MAA Kabupaten Aceh Barat untuk periode 2021-2026.