Dispora Gandeng KNPI Banjar Isi Kekosongan Stok Darah di PMI

Martapura - Pandemi COVID-19 saat ini berdampak pada minimnya stok darah yang dimiliki oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjar.

Hal ini coba direspons Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, dengan menggandeng Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) untuk menggelar aksi donor darah.

Kepala Dispora Banjar Ikhwansyah di Martapura, Rabu (8/4), mengatakan kondisi minimnya stok darah di PMI membuat pihaknya berinisiatif untuk menggelar bakti sosial donor bekerja sama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) setempat.

Gayung bersambut, pihak KNPI Banjar sendiri bersedia atas kerjasama dimaksud dengan menurun sejumlah anggotanya langsung ke markas PMI Kabupaten Banjar di Jalan Menteri Empat Martapura.

Menurut Ikhwansyah, anggota PMI Banjar yang diturunkan hari ini berjumlah 15 hingga 20 orang dengan berbagai jenis golongan darahnya.

Informasi di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjar sendiri menyebutkan mereka sangat memerlukan tambahan stok darah untuk semua golongan.

"Mewabahnya COVID-19 saat ini membuat PMI Banjar kekurangan stok darah hingga 80%. Harapannya setelah ada bantuan dari KNPI Kabupaten Banjar setidaknya bisa memantu warga Kabupaten Banjar yang memerlukan ketersediaan stok darah," ujarnya.

Dirinya menambahkan, kepada masyarakat dan organisasi lainnya juga sangat diharapkan untuk bisa melakukan hal serupa guna pemenuhan stok darah PMI Kabupaten Banjar dan demi kemanusiaan.