Pemkab Kubu Raya Gelar Lomba Adzan, Baca dan Tulis Al Qur'an Lewat Online

Kubu Raya - Sebagai upaya memberikan kegiatan belajar yang produktif dan bermanfaat serta menciptakan generasi muda yang cinta Al Qur'an, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, menggelar lomba adzan, mengaji, membaca dan menulis Al Qur'an (kaligrafi) bagi murid SD, SMP dan SMA lewat dalam jaringan (daring/online).

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengajak semua murid untuk mengikuti perlombaan ini, karena selain menciptakan generasi Qur'ani, kegiatan tersebut juga sebagai wadah bagi peserta untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dalam menghadapi wabah Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) saat ini.

"Pekan depan Pak Bupati akan adakan lomba adzan untuk anak laki-laki dan baca Al Qur'an ayat-ayat pendek (maksimal 3 menit) untuk anak perempuan & lomba menulis ayat suci, sekaligus membacakannya (untuk laki-laki dan Perempuan) yang semuanya dilakukan di rumah masing-masing. Jadi tetap jaga jarak dan tidak ada kerumunan karena cukup direkam," ujar Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan saat ditemui kediamannya, di Jalan Tanjungsari, Kota Pontianak, Senin (6/4).

Bupati Muda menambahkan, adapun kategori peserta lomba bagi murid-murid ini dibagi menjadi empat, diantaranya untuk murid SD ada dua kategori untuk kelas 1-3 dan kelas 4-6, SMP kelas 7-9, sedangkan SMA dari kelas 10-12, sementara untuk lomba murattal anak putri SD/Madrasah Ibtidaiyah (MI) kelas 1-3: surah pilihan An-Nas - An-Nashr dan Al Kafirun, SD/MI Kls 4-6 : surah pilihan Al-Maun - Al-Humazah dan At-Takatsur, SMP/Madrasah Tsanawiyah (MTs) surah pilihan Al-Qari'ah, Al-Qadr, At-Tin, serta SMA/Aliyah dengan surah pilihan Al-Zalzalah, Al-Adiyat dan Adh-Dhuha. 

"Untuk lomba adzan, baca ayat-ayat pendek Al Qur'an dan lomba menulis serta membacakan surah, pemenangnya mulai juara 1 sampai juara harapan 3 untuk tiap kategori SD, SMP dan SMA. Teknis perekaman bisa melalui melalui handphone atau handycam, agar menampakan wajah dari arah depan berjarak minimal 2,5 meter (agar terlihat semua dan suara terdengar jelas). Yang mana semua rekaman video lomba adzan, lomba baca Al Qur'an dan lomba menulis surat itu akan dipublikasi dan diposting di media sosial (Facebook, Youtube dan Instagram) oleh panitia di akun resmi Pemkab Kubu Raya. Untuk peserta Lomba Adzan dan Baca Al Qur'an (Muratthal Putri) syaratnya belum pernah menjadi peserta pada lomba Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kabupaten Kubu Raya," tutur Bupati.

Orang nomor satu di Kubu Raya itu menjelaskan, setelah hasilnya dikirim oleh peserta dan diterima panitia, seleksi penilaian dilakukan oleh dewan juri yang berpengalaman yang telah ditunjuk panitia, yang mana bagi peserta telah menyelesaikan video rekamannya dapat langsung mengontak panitia ke nomor telepon 085390583421 (Ustad Nasutiun Usman) atau 081290104034 (Edi Mudianto) untuk menyerahkan dan mengirimkan ke nomor tersebut mulai 12-30 April 2020 untuk diseleksi.

"Pengumpulan pemenang direncanakan 1 pekan setelah semua anak-anak yang jadi peserta lomba telah mengirimkan hasil video ke panitia dan setelah itu direncanakan akan diajak berkomunikasi langsung dengan Bupati Kubu Raya melalui video conference secara bersama yang akan diatur waktu nya oleh panitia. Adapun hadiah bagi pemenang berupa tabungan yang akan diserahkan dan diantarkan langsung ke rumah masing-masing pemenang oleh panitia bersama camat dan kepala desa setempat," ujarnya.

Pencetus Salam Menanjak Kubu Raya ini mengajak anak-anak untuk mempersiapkan diri dengan berlatih terlebih dahulu, yang mana perlombaannya akan diumumkan panitia dan Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya selaku ketua KORPRI sekaligus Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Kubu Raya. 

"Ayo anak-anaku semua, tunjukkan bakat kemampuan dan potensi terbaikmu dalam masa belajar dari rumah ini, isi dengan kegiatan produktif sekaligus mengajak semua anggota keluarga (orang tua, kakak dan adik) untuk ikut terlibat aktif bersama. Semoga energi positif ini akan membawa semangat dan keyakinan bersama kita untuk mampu menjalani dengan optimisme dan antusias meski di masa situasi kondisi seperti saat ini," pungkasnya.

Muda menambahkan, bagi para pelajar yang ingin ikut lomba adzan dan baca Al Qur'an, peserta maupun orang tua murid silakan mengakses https://linktr.ee/dirumahjak, sedangkan untuk lomba menulis surat untuk bupati dan membacakannya mendaftar dengan membuka laman https://drive.google.com.

Bupati berharap dengan perlombaan ini anak-anak khususnya pelajar di Kubu Raya bisa menjadi generasi Qur'ani dan benteng bagi daerah, insya Allah.