BPSDMP Kominfo Manado Tingkatkan Keahlian Lulusan Kejuruan di Tomohon

Tomohon - Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Manado meningkatkan keahlian dan lulusan sekolah kejuruan di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, melalui pelatihan dan sertifikasi.

"Era sekarang ini kemampuan dan keterampilan di bidang teknologi informasi dan komunikasi sangat dibutuhkan karena memberikan manfaat besar dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam pekerjaan," ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon, Juliana D Karwur di Tomohon, Rabu (1/9).

Pelatihan seperti ini, menurut dia, untuk menyiapkan talenta digital yang memiliki standar kompetensi sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Pemkot Tomohon, lanjut dia, memberikan apresiasi kepada Kemkominfo melalui  BPSDMP Kominfo Manado yang menggelar pelatihan dan sertifikasi ini.

Pelatihan dan sertifikasi ini bertujuan meningkatkan keahlian para lulusan kejuruan dengan latar belakang pendidikan sesuai dengan skema pelatihan yang dipilih dan diperuntukkan bagi yang belum mendapatkan pekerjaan tetap atau tidak sedang bekerja.

"Semoga peserta memperoleh manfaat yang besar bagi masyarakat melalui kegiatan ini," ujarnya.

Kepala BPSDMP Kominfo Manado, Darsa Jaya Hedar menjelaskan 'Vocational School Graduate Academy' (VSGA) tahun 2021, merupakan program pelatihan pengembangan SDM yang ditujukan bagi angkatan kerja muda.

Program ini bertujuan menyiapkan talenta digital yang memiliki standar kompetensi sesuai dengan SKKNI. Peserta pelatihan selama tiga hari ini terdiri dari yakni para lulusan SMK, D1, dan D3 sebanyak 75 orang yang berasal dari Kota Tomohon dan sekitarnya.

Kominfo melalui BPSDMP Kominfo Manado menggelar pelatihan dan sertifikasi berbasis SKKNI bidang 'teknologi informasi dan komunikasi VSGA tahun 2021.