Digelar Terbatas, AKRS HUT RI di Kota Madiun Berlangsung Khidmat

Madiun - Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI berjalan dengan khidmat meski dilakukan dengan peserta terbatas di Taman Makam Pahlawan Kota Madiun, Selasa (17/8) dini hari WIB.

"Kemerdekaan tak terlepas dari jasa para pahlawan. Mereka rela berkorban jiwa dan raga demi melepaskan tanah air dari belenggu negara lain. Malam hari ini kita mendoakan mereka yang telah gugur. Kegiatannya tetap berjalan hanya pasukannya yang kita kurangi," Wali Kota Madiun Maidi, dalam sambutannya.

Perjuangan para pahlawan, kata Maidi, wajib diteladani. Jasa bakti mereka harus jadi panutan, oleh karena penghormatan kepada para pahlawan tersebut tetap digelar kendati dalam suasana pandemi COVID-19. Selain jumlah pasukan yang dikurangi, kegiatan berlangsung dengan protokol kesehatan ketat.

"Tahun kemarin kita juga melaksanakan AKRS ini dengan suasana pandemi. Kegiatannya tetap tetapi sesuai dengan aturan protokol kesehatan. Perjuangan mereka sudah seperti itu, sudah sepatutnya kita memberikan hormat sekaligus doa kepada mereka," imbuhnya.

"Saat ini kita juga sedang berperang. Berperang melawan COVID-19. Perjuangan para pahlawan yang luar biasa untuk membebaskan Bangsa kita dari penjajah ini harus menjadi contoh, menjadi pelecut semangat kita dalam upaya membebaskan masyarakat dari pandemi," tutupnya.