Pemkab Banjar Berlakukan Tanggap Darurat COVID-19

Martapura - Pemkab Banjar melalui Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 memberlakukan status Tanggap Darurat (non bencana alam), dalam konferensi pers di Commad Center Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Selasa (24/3).

Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Banjar sendiri dipimpin oleh Sekretaris Daerah M. Hilman dengan didampingi Kepala Dinas Kesehatan Diaduddin, Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar M. Aidil Basith, serta Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Eddy Elminsyah Jaya.

Sebelumnya, Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Banjar mencatat 58 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 1 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang jumlahya bertambah pada Selasa (24/3) sore menjadi 72 ODP dan 2 orang PDP.

Sekda Banjar yang juga sebagai Ketua Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Banjar membenarkan bahwa ada peningkatan signifikan dalam data ODP dan PDP tersebut.

"Hari ini ada 72 ODP kemudian ada 2 orang berstatus (PDP), adapun yang berstatus ODP kita imbau untuk tetap tinggal di rumah (mengisolasi diri) sambil terus dipantau," imbaunya.

Hilman menambahkan, pada saat ini melalui Dinas Pendidikan setempat telah menerapkan siswa belajar dari rumah untuk seluruh sekolah di Kabupaten Banjar.

"Adapun untuk pondok pesantren telah dibahas pada kegiatan halaqah yang difasilitasi oleh PC NU Kabupaten Banjar," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Diaduddin memberikan apresiasi atas kerja keras paramedis yang bertugas dalam penanganan COVID-19.

Dirinya juga menegaskan bahwa gugus tugas telah bekerja keras dalam penanganan serta pengumpulan data perihal COVID-19 di wilayah Banjar.

"Kedepannya Pemerintah Kabupaten Banjar akan melakukan penyemprotan disinfektan ke tempat fasilitas umum sebagai upaya pencegahan virus corona," ujarnya.

Diaduddin juga mengimbau agar masyarakat tetap tenang meski ada penambahan ODP COVID-19 di Kabupaten Banjar.

"Patuhilah aturan pemerintah untuk tetap berada di rumah, menghindari keramaian dan ikuti imbauan lainnya, ini untuk memutus rantai penyebaran COVID-19," ucapnya

Dia menambahkan tim gugus nantinya juga akan membagikan masker kepada masyarakat sebagai pencegahan penularan COVID-19.