BPBD Kabupaten Banjar Salurkan Bantuan Korban Kebakaran di Gang Family

Martapura - Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyalurkan bantuan logistik untuk korban kebakaran di Gang Family, Kelurahan Jawa, Kecamatan Martapura, yang menghanguskan tiga unit rumah warga.

Kasi Logistik BPBD Kabupaten Banjar Yanrinaldo Bachdi memaparkan, bantuan ini dilakukan tidak lama pascakebakaran.

“Kami langsung menyalurkan bantuan logistik kepada para korban kebakaran seperti sembako dan sebagainya. Ini sesuai arahan pimpinan dan tindak lanjut setiap kali terjadi musibah bencana menimpa warga,” katanya, Sabtu (17/7).

Di kesempatan terpisah, Sekretaris BPBD Kabupaten Banjar Azhar Alamsyah menerangkan, untuk bantuan yang disampaikan kepada korban kebakaran di Gang Family adalah bantuan logistik berupa sembako.

“Kami jika ada kejadian musibah langsung bergerak artinya sebagaimana kalau di pelatihan itu secara langsung bertanggung jawab untuk pemadaman api dari Damkar. Tapi, kami dari BPBD tetap turun misalkan kejadian malam maka siangnya kami ke TKP mengantarkan bantuan logistik,” jelas Azhar.

Ia mengatakan,  bantuan tidak langsung diberikan begitu saja, tapi dilihat juga tingkat kebakarannya dan hasil pendataan.

“Terlebih dahulu kita lihat juga kebakarannya, ada berapa buah bangunan terbakar, apakah perlu mengungsi. Kalau seandainya ada pengungsian maka kami akan memasang tenda,” kata Azhar.

Sesudah itu, tambahnya, jika diperlukan konsumsi makanan biasanya akan membuat dapur umum bila musibahnya sangat fatal.

“Namun kalau tidak terlalu fatal seperti di Gang Family maka kami akan memberikan bantuan logistik berupa sembako, selimut, makanan dan logistik sehari-hari,” ucapnya.