Cegah COVID-19, Bupati Kubu Raya Ajak Masyarakat Proaktif

Kubu Raya - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersikap proaktif, yakni ikut terlibat dalam upaya pencegahan virus corona (COVID-19).

"Caranya dengan semakin memasifkan gerakan menyemprotkan disinfektan di rumah-rumah ibadah dan berbagai sarana umum lainnya, seperti kantor desa, aula serbaguna, sarana olahraga, kesenian, dan sebagainya," ujarnya.

Hal itu, menurut Muda, sebagaimana yang dilakukan sejumlah komunitas yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kubu Raya untuk melakukan penyemprotan di sejumlah rumah ibadah dan fasilitas publik di beberapa desa.

"Ini bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, dimulai dari membuat sendiri bahan disinfektan dengan campuran cairan pembersih dengan komposisi 70:30 dengan air. Kemudian tinggal disemprotkan melalui alat penyemprot hama seperti yang digunakan oleh petani, atau juga bisa dengan botol semprotan plastik rumahan," tuturnya saat menghadiri kegiatan Sosialisasi Langkah-Langkah Menghadapi Covid-19 di Hotel Gardenia Kubu Raya, Kamis (19/3).

Menurut Muda, seluruh elemen masyarakat juga dapat terlibat dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 melalui hal-hal sederhana, seperti menjaga lingkungan masing-masing, terutama di desa-desa yang berpenduduk padat.

"Dari hal-hal yang sederhana sekali kita ajak masyarakat membersihkan lingkungan rumah. Terutama menyemprotkan disinfektan pada gagang pintu dan benda-benda yang sering tersentuh tangan. Masyarakat tidak semuanya paham dengan penjelasan dengan bahasa medis, karena itu kita gerakkan dari sisi yang sifatnya bisa mereka pahami," terangnya.

Muda juga mengingatkan pentingnya membiasakan mencuci tangan dengan sabun.

"Kepada instansi-instansi dan rumah-rumah ibadah, saya meminta untuk menyiapkan air dan sabun agar setiap orang yang akan beraktivitas di dalamnya dipastikan dalam keadaan bersih," tambahnya.

Muda juga mengingatkan setiap orang agar disiplin melakukan isolasi mandiri selama waktu yang ditetapkan yaitu 14 hari.

"Beraktivitas di rumah bersama keluarga diharapkan dapat menciptakan daya tahan tubuh yang baik sekaligus memutus rantai penyebaran COVID-19," harapnya.