Kapolda Sumbar Dianugerahi Gelar Sangsako di Tanah Datar

Batusangkar- Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian menghadiri acara penganugerahan gelar sangsako kepada Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Toni Harmanto, dan istri Yesika Toni Harmanto dengan gelar Tuanku Rajo Sinaro Basa dan Rangkayo Siti Aminah, di gedung serba guna Nagari Paninjauan X Koto, Senin (28/6).

Richi Aprian, dalam sambutannya atas nama pemerintah daerah dan masyarakat menyampaikan selamat kepada Irjen Pol Toni Harmanto beserta istri atas gelar sangsako yang diberikan masyarakat Nagari Paninjauan Kecamatan X Koto.

"Gelar sangsako merupakan kehormatan yang diberikan kepada seseorang yang berjasa, berprestasi yang mengharumkan Minangkabau, agama Islam, bangsa dan negara serta bermanfaat bagi masyarakat," ujar Richi.

“Semoga momen yang baik ini akan mempererat rasa kekeluargaan dan tali silaturahmi antara masyarakat Paninjauan khususnya dan masyarakat Kabupaten Tanah Datar umumnya dengan Bapak Kapolda dan jajaran,” lanjut Richi.

Lebih lanjut Richi mengatakan, ini merupakan bentuk penghargaan kepada kapolda yang dipandang mampu dan memiliki kinerja yang baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menjaga keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat.

Sementara itu, Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan.

“Ini bentuk kepercayaan kepada kami, semoga amanah ini kami jalankan, bisa menjadi ninik mamak yang bisa bersikap adil sehingga bisa meletakkan hukum pada tempatnya,” ujar Toni.

Kapolda juga sempat menanyakan kepada ninik mamak Paninjauan yang datang kepada dirinya, alasan apa sehingga dirinya diberi gelar sangsako. “

"Jawaban yang disampaikan kepada saya, karena keberhasilan menjaga kamtibmas dan menjaga syiar agama Islam dengan memberikan teladan kepada anggota dan seluruh masyarakat untuk mengerjakan shalat berjamaah di masjid bagi kaum laki-laki,” terangnya.

Irjen Toni Harmanto mengatakan, di satu sisi dirinya sebagai manusia biasa harus bisa menjaga perasaan hati dari penggagas pemberi gelar dan di sisi lain dirinya telah memberikan yang terbaik saat bertugas di Sumatera Barat.

“Ini karena hanya menjalankan kewajiban saja dengan niat tulus dan ikhlas, mengingat kecintaan saya kepada Sumatera Barat. Untuk itu atas nama pribadi dan keluarga menyampaikan terima kasih. Harapannya saya, dengan gelar Sangsako Tuanku Rajo Sinaro Basa yang menurut saya artinya dengan rahmat Allah SWT dapat menjadi pemimpin yang selalu menyinari, menuntun, siapa pun ke jalan, untuk meraih limpahan rezeki, kesejahteraan dan kebahagian di dunia dan akhirat, serta Rangkayo Siti Aminah yang artinya selalu memiliki sifat-sifat kemuliaan, kesantunan layaknya Ibunda Nabi Muhammad SAW yang dapat bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara,” pungkasnya.